Penerapan Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (Nht) Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd 5 Gondoharum

RAHMAWATI, MAULIDA (2015) Penerapan Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (Nht) Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd 5 Gondoharum. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (792kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (240kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (646kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (656kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (284kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (211kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (276kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas V di SD 5 Gondoharum. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menjelaskan peningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran matematika melalui model pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media gambar kelas V semester 2 SD 5 Gondoharum; 2) Menjelaskan peningkatan hasil siswa dalam mata pelajaran matematika melalui model pembelajaran tipe Numbered HeadsTogether (NHT) berbantuan media gambar kelas V semester 2 SD 5 Gondoharum. Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media gambar adalah jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa yang terbentuk dalam kelompok dan bekerjasama secara kooperatif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru dengan bantuan gambar. Hasil belajar Matematika yang diharapkan adalah meningkatnya tingkah laku yang mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model siklus Kemmis yang dilakukan selama 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 21 siswa, terdiri dari 14 laki-laki dan 7 perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes evaluasi hasil belajar, dokumentasi, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian pada penelitian ini adalah lembar observasi yaitu lembar pengamatan keterampilan guru, lembar observasi ranah afektif dan psikomotorik siswa; soal tes berupa tes esai bentuk uraian; dan lembar catatan lapangan yang berisi tentang suatu hal yang terjadi pada saat kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung . Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media gambar meningkat disetiap siklus. Persentase ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus II meningkat dari kondisi awal sebelum penelitian 42,85%, siklus I 66,67% dan meningkat pada siklus II menjadi 85,71%. Persentase sikap belajar siswa meningkat dari 67,12% pada siklus I menjadi 81,11% pada siklus II. Persentase ketrampilan belajar siswa meningkat dari 65,23% pada siklus I menjadi 83,97% pada siklus II. Sedangkan Persentase ketrampilan guru dari 80,6% pada siklus I menjadi 87,51% pada siklus II. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SD 5 Gondoharum dapat meningkat dan berhasil dengan baik setelah digunakannya Model Pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media gambar. Penelitian ini dapat ditarik simpulan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media gambar dalam Matematika keterampilan guru dapat meningkat, hasil belajar siswa dapat meningkat. Peneliti menyarankan agar siswa lebih meningkatkan semangat dan motivasi belajarnya. Guru hendaknya dapat menginovasikan model-model pembelajaran. Kepala sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang dapat mendukung proses pembelajaran yang lebih baik. Sedangkan peneliti lain hendaknya dapat memajukan model pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran agar hasil penelitian lebih baik dari peneliti-peneliti sebelumnya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together, Media Gambar, Hasil Belajar Matematika.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 25 Mar 2015 02:30
Last Modified: 25 Mar 2015 02:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4351

Actions (login required)

View Item View Item