Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn Plumbungan

JUMIARSIH, ENDANG (2015) Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn Plumbungan. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (440kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (209kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (697kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (344kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (404kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (200kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (188kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (176kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Hasil pengamatan terhadap pembelajaran IPA SDN Plumbungan masih berpusat pada guru yang hanya menyampaikan pengetahuan secara tekstual dan hanya transfer pengetahuan guru ke siswa. Selain itu guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan sendiri pengetahuannya yang terkait kehidupan sehari-hari. Maka perlu melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam mata pelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Plumbungan. Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berarti Model Pembelajaran terkait dengan konteks dunia nyata. Dalam Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning siswa dapat mengembangkan pengetahuan secara aktif dan didasarkan pada pengalaman langsung. Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terdiri dari 7 tahap yaitu (1) konstruktivisme, (2) menemukan, (3) bertanya, (4) masyarakat belajar, (5) pemodelan, (6) refleksi dan (7) penilaian sebenarnya. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN Plumbungan, Pati. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil pembahasan dan análisis penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar. Kondisi awal siswa sebelum melakukan tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 39% dengan rata-rata 64,57 meningkat pada siklus I menjadi 61% dengan rata-rata 69.56 dan pada siklus II meningkat menjadi 95% dengan rata-rata 81,95. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mendapat rata-rata 2,11 dengan kriteria “cukup baik” meningkat pada siklus II menjadi 3,12 dengan kriteria “baik”. Pengelolaan pembelajaran guru pada siklus I mendapat rata-rata 3,10 dengan kriteria “baik” meningkat pada siklus II menjadi 3,60 dengan kriteria “sangat baik”. Simpulan pada penelitian ini adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa, aktivitas belajar siswa serta pengelolaan pembelajaran guru. Bagi siswa hendaknya aktif dalam pembelajaran. Selain itu, kerjasama antar siswa dalam kelompok perlu ditingkatkan agar pelaksanaan pembelajaran Contextual Teaching and Learning berjalan lancar. Diharapkan peneliti yang akan datang dapat lebih memahami model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, sehingga akan meminimalisasikan kekurangan dalam pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL), hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 25 Mar 2015 02:36
Last Modified: 25 Mar 2015 02:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4352

Actions (login required)

View Item View Item