Penerapanmodel Think Talk Write Untuk Meningkatkan Pembelajaran Subtema Jenis-Jenis Pekerjaan Muatan Ips Danppkn Pada Siswa Kelas Ivsdn 1 Golantepus Kudus

HIDAYAH, NOVI IVVATUL (2015) Penerapanmodel Think Talk Write Untuk Meningkatkan Pembelajaran Subtema Jenis-Jenis Pekerjaan Muatan Ips Danppkn Pada Siswa Kelas Ivsdn 1 Golantepus Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (680kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_Ii.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (116kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Problematikadaripenelitianadalahmasihrendahnyakualitaspembelajarantematik yang memakaikurikulum 2013.Diantaranya rendahnyaketrampilan guru dalammengajar, rendahnyahasilbelajartematikpadasiswakelas IV di SDN 1 GolantepusMejobo.HasilobservasiprasiklusmenunjukkanketuntasanhasilbelajarpadasubtemaPemanfaatanEnergidierolehsiswaadalah 48%. Ketuntasanbelajar yang rendahdilatarbelakangiolehbeberapafaktorpenyebab, diantaranyapembelajaranmasihberpusatpada guru (Teacher Center Learning), guru belummenggunakanmodelpembelajaran yang membuatsiswaaktif, selainitu guru masihbingungmenggunakansumberbelajardalam proses pembelajarantematik. Tujuandaripenelitianiniadalah (1) Mendeskripsikanpenerapan model pembelajaranThink Talk Writeutnukmeningkatkanketerampilan guru dalammengelolapembelajaransubtemajenis-jenispekerjaanmuatan IPS danPPKn, (2) Menemukanpeningkatankualitaspembelajarandalamsubtemajenis-jenispekerjaanmuatan IPS danPPKnmelalui model pembelajaranThink Talk Write padakelas IV di SDN 1 GolantepusMejobo Kudus TahunAjaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelasyang dilakukan selama 2 siklus, setiapsiklusterdiridari 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaantindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitianinidilaksanakanmulaibulan September 2014 sampaibulanMaret 2015.Subjek penelitian ini adalah guru dan siswaa kelas IV SDN 1 GolantepusMejobo Kudus yang berjumlah 25, terdiri dari 12 laki-laki dan 13 perempuan.Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi.Instrumen yang digunakanberupalembarpengamatanketerapilan guru mengajar, lembarpengamatanaktivitassiswa, tespilihanganda, danlembarpedomanwawancara.Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknikanalisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkanpeningkatanpembelajaranpadasubtemajenis-jenispekerjaanmuatan IPS danPPKnmelalui model Think Talk Writepadatiapsiklusnya. Hal inidapatdilihatdaripersentase ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus I memperolehpersentasesebesar 72% rata-rata kelas 71,08 danskorkonversi 3,04 dengankualifikasibaik. Sedangkanpadasiklus II meningkatmenjadi 92% dengan rata-rata kelas 86,40danskorkonversi 3,68 kualifikasisangatbaik. Keterampilan guru dalammengelolapembelajaranpadasiklus I mendapatkanskor 28 persentasesebesar 72,5% dengankategoribaiksedangkanpadasiklus II meningkatmenjadi 90% danmendapatkanskor 36 dengankategorisangatbaik. Persentase aktivitas belajar siswa ranah sikapsosialpada siklus 1 memperolehskor 515 persentase 74,99% dengankualifikasibaiksedangkanpadasiklus II memperolehskor 650 persentase 92,85% dengankualifikasisangatbaik. Sedangkan presentase aktivitas siswa ranah psikomotorik memperolehpersentase 71,63% dengankualifikasibaiksedangkanpadasiklus II memperolehpersentase 87,47% dengankualifikasisangatbaik. Simpulandaripenelitiantindakankelasadalahmelaluimodel pembelajaran Think Talk write dapat meningkatkan kualitaspembelajaranpadasubtemajenis-jenispekerjaanmuatan IPS danPPKn. Hal inidapatditunjukkandenganmeningkatnyaketerampilan guru mengelola pembelajaran, meningkatnyahasilbelajarsiswaranahkognitif, meingkatnyaaktivitasbelajarsiswadalamranahsikapsosialdanaktivitasbelajarsiswaranahpsikomotorik. Sarandalampenelitianiniadalah guru harus berusaha meningkatkan kualitaspembelajaransalah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif, menggunakan media dansumberbelajar yang beragam. Untuksiswaharuslebihbersemangatdanrajindalammengikutipembelajaranterutamapadapembelajarantematik

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing :Dr. Murtono, M.Pd.
Kata Kunci: Think Talk Write, Pembelajaran, Subtema Jenis-Jenis Pekerjaan, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Kewarganegaraan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 25 Mar 2015 02:44
Last Modified: 25 Mar 2015 02:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4353

Actions (login required)

View Item View Item