Peningkatan Pemahaman Tentang Bahaya Aids Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas Xi Ips A Ma Walisongo Kayen Pati Tahun Pelajaran 2014/2015

MUNFARIDA, ST. INAYATUL (2015) Peningkatan Pemahaman Tentang Bahaya Aids Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas Xi Ips A Ma Walisongo Kayen Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (715kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (927kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_6.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (181kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah Berdasarkan wawancara terhadap konselor yang dilaksanakan di MA Walisongo Kayen Pati Tahun Pelajaran 2014/2015 pada hari rabu tanggal 20 Agustus 2014 jam 08.00 WIB dan berdasarkan pengamatan yang dilaksanakan di MA Walisongo Kayen Pati Tahun Pelajaran 2014/2015 pada hari rabu tanggal 20 Agustus 2014 jam 10.00 WIB diketahui bahwa banyak siswa kelas XI IPS A yang pemahamannya tentang bahaya AIDS masih sangat kurang. Hal ini diperkuat dengan adanya beberapa fakta yaitu siswa belum mengetahui pengertian AIDS, karena saat diberi pertanyaan apa itu pengertian AIDS siswa masih bingung dalam menjawab. Siswa juga tidak mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan seseorang terkena AIDS, gejala-gejala AIDS, cara penularan AIDS dan cara pencegahan AIDS. Berdasarkan latar belakang tersebut maka peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan layanan penguasaan konten dengan media audio visual. Rumusan masalah: 1. Bagaimana penerapan layanan penguasaan konten dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman tentang bahaya AIDS pada siswa kelas XI IPS A MA Walisongo kayen Pati Tahun Pelajaran 2014/2015?. 2. Apakah layanan penguasaan konten dengan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman tentang bahaya AIDS pada siswa kelas XI IPS A MA Walisongo kayen Pati Tahun Pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian: 1. Mendeskripsikan pemahaman tentang bahaya AIDS sebelum dan setelah pelaksanaan layanan penguasaan konten dengan media audio visual dalam meningkatkan pemahaman tentang bahaya AIDS siswa kelas XI IPS A MA Walisongo kayen Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. 2. Diperolehnya peningkatan pemahaman tentang bahaya AIDS melalui layanan penguasaan konten dengan media audio visual pada siswa kelas XI IPS A MA Walisongo Kayen Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini membahas tentang peningkatan pemahaman tentang bahaya AIDS melalui layanan penguasaan konten dengan media audio visual pada siswa kelas XI IPS A MA Walisongo Kayen Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Hipotesis tindakan penelitian adalah: Layanan Penguasaan Konten Dengan Media Audio Visual Dapat Meningkatkan Pemahaman Tentang Bahaya AIDS Pada Siswa Kelas XI IPS A MA Walisongo Kayen Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini didesain dengan menggunakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Subjek pada penelitian ini adalah 28 siswa kelas XI IPS A MA Walisongo Kayen Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah layanan penguasaan konten dengan media audio visual, sedangkan variabel terikatnya yaitu pemahaman tentang bahaya AIDS. Analisis data menggunakan data kualitatif deskriptif. Penelitian berlangsung selama 2 siklus yang terdiri dari tiga pertemuan dalam masing-masing siklus. Metode pengumpulan data berupa metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan layanan penguasaan konten dengan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas siswa dan aktivitas peneliti dalam pelaksanaan layanan. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Hasil observasi peneliti terhadap siswa pada prasiklus mendapat nilai rata-rata 18,1 dengan kategori sangat kurang, sedangkan pada siklus I ke siklus II memperoleh nilai rata-rata 29,7 dengan kategori ”cukup” menjadi 38,8 dengan kategori ”baik”. (2) Hasil observasi kolabolator terhadap peneliti juga meningkat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh dalam penilaian high touch dan high tech pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I untuk penilaian high touch memperoleh nilai rata-rata 66 sedangkan high tech memperoleh nilai rata-rata 64,3 dengan kategori ”cukup”. Hasil tersebut meningkat pada siklus II yaitu penilaian high touch memperoleh nilai rata-rata 83,3 dengan kategori baik, sedangkan penilaian high tech memperoleh nilai rata-rata 81 dengan kategori baik”. Simpulan: Melalui layanan penguasaan konten dengan media audio visual terjadi peningkatan pemahaman tentang bahaya AIDS pada kondisi awal (18,1), siklus I (29,7) dan siklus II (38,8) meningkat sebesar (20,7) sehingga peneliti dapat menyimpulkan bahwa layanan penguasaan konten dengan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman tentang bahaya AIDS siswa kelas XI IPS A MA Walisongo Kayen Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Saran dalam penelitian ini, kepala sekolah hendaknya memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling. Konselor dapat memberikan bantuan kepada siswa tentang pemahaman bahaya AIDS dan menggunakan media audio visual untuk menarik perhatian siswa. Siswa diharapkan akan lebih berhati-hati dalam bergaul. Peneliti selanjutnya supaya lebih mengembangkan lagi layanan penguasaan konten dengan media audio visual pada penelitian yang berkaitan dengan masalah pemahaman tentang bahaya AIDS yang rendah.  

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing :Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd
Kata Kunci: Pemahaman tentang bahaya AIDS, Layanan Penguasaan Konten, Media Audio Visual.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 25 Mar 2015 03:13
Last Modified: 25 Mar 2015 03:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4357

Actions (login required)

View Item View Item