Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Cooperative Tipe Stad Berbantuan Media Puzzlesubtema Pekerjaan Di Sekitarku Sd 2 Kajar Kudus

RISWANTO, WAHYU (2015) Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Cooperative Tipe Stad Berbantuan Media Puzzlesubtema Pekerjaan Di Sekitarku Sd 2 Kajar Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (477kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (258kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (391kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (632kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (403kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (225kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pembelajaran yang dilaksanakan pengajar masih menggunakan metode yang konvesional, pemanfaatan media pembelajaran yang belum terlaksana sehingga timbul kejenuhan dalam kegiatan belajar mengajar dan hasil akhir yang kurang maksimal terbukti pada hasil belajar beberapa siswa masih dibawah KKM. Tujuan dalam penelitian ini adalah (a) Untuk mengetahui apakah model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions berbantu media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu dengan sub tema Pekerjaan di Sekitarku, (b) Ingin mengetahui seberapa besar pemahaman dan penguasaan tematik terpadu dengan sub tema Pekerjaan di sekitarku setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions berbantu media puzzle. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menerapkan 2 siklus yaitu siklus I, dan siklus II.Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dan pada hasil belajar adalah aspek kognitif, afektif dan psikomtorik.Hasil penelitian pada siklus I diperoleh hasil belajar aspek kognitif 76% (22 dari 28 siswa) tuntas belajar KKM ≥ 2,66 dengan rata-rata kelas 2,96 dan aspek afektif 76% (22 dari 28 siswa) telah mencapai ketuntasan dengan KKM kategori ≥ B (baik) dengan rata-rata kelas 2,72, dan aspek psikomotorik 69% (20 dari 28 siswa) telah mencapai ketuntasan dengan KKM ≥ 2,66 dengan rata-rata kelas 3,36. Hasil pada siklus I meningkat pada siklus II diperoleh hasil belajar siklus II aspek kognitif 100% (29 dari 28 siswa) telah tuntas belajar rata-rata kelas 3,44, aspek afektif 93% (27 dari 28 siswa) telah tuntas belajar rata-rata kelas 3,36, dan aspek psikomotorik 86% (25 dari 28 siswa) telah tuntas belajar rata-rata kelas 3,68.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions berbantu media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu siswa kelas IV SDN Kajar 02 Kudus.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Drs.Sucipto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Tematik, Student Teams-Achievement Divisions, Media puzzle.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 25 Mar 2015 03:28
Last Modified: 25 Mar 2015 03:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4359

Actions (login required)

View Item View Item