Penerapan Model Quantum Teaching Berbantuan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Indonesiaku Bangsa Yang Berbudaya

NOVITARINI, LISA (2015) Penerapan Model Quantum Teaching Berbantuan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Indonesiaku Bangsa Yang Berbudaya. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (739kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (259kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (541kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (948kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (253kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (133kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (192kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini akan dilaksanakan karena rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Margorejo Kudus yang diperoleh data observasi awal. Nilai matematika siswa yang tuntas 47% dan IPA 40%. Rumusan masalah dalam penelitian adalah (1) Bagaimana keterampilan guru mengajar dalam menerapkan model Quantum Teaching berbantuan media flashcard pada subtema Indonesiaku bangsa yang berbudaya siswa (2) Apakah aktivitas belajar siswa pada subtema Indonesiaku bangsa yang berbudaya dapat meningkat dengan diterapkannya model Quantum Teaching berbantuan media flashcard? (3) Apakah dengan menggunakan model Quantum Teaching berbantuan media flashcard dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Indonesiaku bangsa yang berbudaya? Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model Quantum Teaching berbantuan media flashcard dalam subtema Indonesiaku bangsa yang berbudaya dalam meningkatkan keterampilan guru mengajar. (2) Menemukan peningkatan aktivitas belajar siswa subtema Indonesiaku bangsa yang berbudaya. (3) Meningkatkan hasil belajar siswa subtema Indonesiaku bangsa yang berbudaya. Penerapan Quantum Teaching terdapat unsur kesempatan yang luas kepada seluruh siswa untuk terlibat aktif dan partisipasi. Media flashcard adalah media gambar yang berisi rangkaian pesan yang disajikan dengan keterangan bagian belakangnya. Hasil belajar adalah perolehan proses belajar yang berupa pengetahuan, sikap dan keterampilan. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah melalui penerapan model Quantum Teaching berbatuan media flashcard dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 3 pertemuan, pada siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, perlakuan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 3 Margorejo. Jumlah siswa sebanyak 15 orang, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Variabel penelitian adalah Quantum Teaching berbantuan flashcard dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian yaitu tes pada setiap akhir siklus, lembar observasi keterampilan guru mengajar dan lembar pengamatan aktivitas belajar siswa aspek sikap dan keterampilan. Analisis data pada penelitian tindakan kelas ini menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model Quantum Teaching berbantuan media flashcard pada proses pembelajaran subtema Indonesiaku bangsa yang berbudaya, dapat: (1) meningkatkan hasil keterampilan guru mengajar pada siklus I (78,21%) meningkat pada siklus II menjadi (92%) dengan kualifikasi “sangat baik”. (2) meningkatkan aktivitas siswa aspek sikap dan keterampilan dari siklus I ke siklus II, pada aspek sikap siklus I 68,67% pada siklus II menjadi 83,50%. Sedangkan aspek keterampilan pada siklus I mencapai nilai optimal 3,06 meningkat pada siklus II menjadi 3,55. (3) meningkatkan hasil belajar siswa, muatan matematika pada pra siklus 47%, siklus I 67%, pada siklus II 87%, muatan IPA pada pra siklus 40%, pada siklus I 80%, pada siklus II 93%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Margorejo Dawe Kudus dapat meningkat setelah diterapkannya model Quantum Teaching berbantuan media flashcard. Adapun saran yang diberikan yaitu siswa sebaiknya memiliki kebiasaan belajar dengan semangat, guru hendaknya menerapkan model Quantum Teaching berbantuan media flashcard, melengkapi sarana dan prasarana pendukung pembelajaran agar proses belajar mengajar berlangsung aktif, kreatif dan inovatif. bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian yang serupa dan lebih kreatif menciptakan inovasi-inovasi yang baru dan menarik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Drs. Sucipto, M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Model Quantum Teaching, media flaschcard, hasil belajar subtema Indonesiaku bangsa yang berbudaya
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 25 Mar 2015 03:36
Last Modified: 25 Mar 2015 03:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4360

Actions (login required)

View Item View Item