Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share Kelas Iv Sd 1 Godo Pati

FAWZI, AFRONI AHMAD (2015) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share Kelas Iv Sd 1 Godo Pati. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (911kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (317kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (454kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (574kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (326kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (224kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas IV SD 1 Godo yang diperoleh dari data dokumentasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni apakah penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi. Tujuan penelitian tindakan kelas ini yakni menemukan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di SD 1 Godo. Think Pair Share merupakan suatu cara yang efektif untuk membuat variasi suasana pola diskusi kelas. Dengan asumsi bahwa semua diskusi membutuhkan pengaturan untuk mengendalikan kelas secara keseluruhan, dan prosedur yang digunakan dalam Think Pair Share dapat memberi siswa lebih banyak waktu berfikir, untuk merespon dan saling membantu. Langkah-langkah model pembelajaran Think Pair Share yakni (1) Guru bertanya atau mengajukan permasalahan kepada siswa kemudian memberi kesempatan kepada siswa untuk berfikir(2) Siswa berpasangan berdiskusi menyatukan jawaban (3) Jawaban kemudian di share ke keseluruhan kelas. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek pebelitian 24 siswa yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dalam kegiatan penelitian ini instrument penelitian yang digunakan peneliti berupa silabus, RPP, lembar pengamatan keterampilan guru, lembar pengamatan aktivitas siswa dan soal evaluasi. Hasil penelitian ini yakni keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, hal ini ditunjukkan dari kegiatan pengamatan keterampilan mengajar yang mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus II, siklus I sebesar 74,10 (Baik) menjadi 85,71 % (Sangat Baik) pada siklus II. Didukung dengan persentase skor aktivitas siswa siklus I sebesar 68,13 % (Baik) menjadi 76,64 % (Baik) pada siklus II. Persentase skor pengamatan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari prasiklus hingga siklus II dengan persentase keberhasilan prasiklus (37,5 %), siklus I (66,7%), siklus II (83,3%) dengan rata-rata nilai siswa pra siklus 68,95 % menjadi 76,66 pada siklus I, dan 78,12 pada siklus II. Simpulan penelitian ini yakni model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi siswa kelas IV SD 1 Godo. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase keberhasilan keterampilan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran, peningkatan persentase keberhasilan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dan peningkatan persentase keberhasilan hasil belajar siswa. Peneliti memberi saran kepada guru hendaknya memberikan penjelasan kepada siswa mengenai mekanisme pembelajaran yang akan berlangsung, untuk siswa hendaknya mengikuti pembelajaran dengan baik dan lebih aktif, agar hasil belajar siswa meningkat.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, IPS, model pembelajaran Think Pair Share
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 25 Mar 2015 03:42
Last Modified: 25 Mar 2015 03:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4361

Actions (login required)

View Item View Item