Penerapan Model Belajar Tgt (Team Game Tournament)Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ipsmateri Persebaran Sumber Daya Alam Di Lingkungansetempat Pada Siswa Kelas Iv Sd 1 Singocandi Kecamatan Kota Kabupaten Kudus

PAMUNGKAS, DESTARI BAYU (2015) Penerapan Model Belajar Tgt (Team Game Tournament)Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ipsmateri Persebaran Sumber Daya Alam Di Lingkungansetempat Pada Siswa Kelas Iv Sd 1 Singocandi Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (242kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (116kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (322kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (588kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (255kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (226kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (158kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi hasil belajar IPS yang rendah, dikarenakan siswa pasif dan daya ingatnya cenderung kurang ketika mempelajari IPS. Kondisi siswa yang seperti ini disebabkan ketika proses pembelajaran guru masih bersifat konvensional dengan metode ceramah, dimana guru yang aktif mempersiapkan dan menyampaikan konsep materi IPS. Sedangkan siswa tidak tahu bagaimana memahami materi tersebut. Hal ini menyebabkan hasil belajar IPS siswa rendah karena aktifitas belajar siswa sebatas mendengarkan dan menulis materi yang disampaikan oleh guru. Rumusan masalah ini penelitian ini:(1) Bagaimana penerapan model pembelajaran model TGT dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD 1 singocandi kudus?; (2) Bagaimana penerapan model TGT dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD 1 singocandi kudus?; dan (3)Bagaimana penerapan model TGT dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD 1 singocandi kudus?. Team game turnamen merupakan model pembelajaran yang terdiri dari orientasi masalah, meluruskan masalah, memberikan jawaban sementara, melakukan percobaan, menganalisis data, dan menarik kesimpulan. Hasil belajar IPS adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah mengalami proses pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas Kemmis dan MC.Taggart. yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD 1 Singocandi Kudus Tahun pelajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas IV SD 1 Singocandi Kudus yang berjumlah 23 siswa yang terdiri 13 siswa putra dan 10 siswa putri. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan pengamatan, wawancara, tes dan dokumentasi foto. Analisis data yang digunakan ialah data kuantitatif dan data kualitatif Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai hasil belajar pra siklus 65,01, dengan ketuntasan klasikal 43%. Rata-rata siklus 1 66,52 dengan ketuntasan klasikal 56%. Aktifitas belajar siswa dengan skor rata-rata 2,79 dengan kriteria baik dan presentase keterampilan guru 2,37 dengan kriteria cukup baik. Pada siklus 2 rata-rata 76,34 dengan ketuntasan klasikal 79%. Aktifitas belajar siswa dengan skor rata-rata 3,125 dengan kriteria baik dan presentase keterampilan guru 2,93 dengan kriteria baik. Simpulan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran TGT (Team Game Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Kerjasama kelompok sangat di perlukan dan siswa harus lebih aktif untuk bertanya atau menyampaikan pendapat. Guru di harapkan dapat memilih materi belajar yang sesuai dengan karakteristik model pembelajaran TGT ( Team Game Tournament), agar dapat memanfaatkan waktu dengan maksimal serta melakukan persiapan sebelum mengajar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Drs. Moh Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model TGT, Hasil Belajar IPS, Sumber Daya Alam
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 25 Mar 2015 03:49
Last Modified: 25 Mar 2015 03:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4362

Actions (login required)

View Item View Item