Peningkatan Keterampilan Berbicara Mengomentari Persoalan Faktual Melalui Penerapan Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas V Sd 1 Sukobubuk

HARYANTI, ANITA (2015) Peningkatan Keterampilan Berbicara Mengomentari Persoalan Faktual Melalui Penerapan Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas V Sd 1 Sukobubuk. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (9MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (13MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (933kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (60MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas V SD 1 Sukobubuk menjadi latar belakang dilaksanakannya penelitian ini. Kondisi tersebut diantaranya disebabkan oleh proses belajar mengajar yang kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif berbicara. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara ini, digunakan model pembelajaran Numbered Heads Together. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas belajar siswa, keterampilan mengajar guru dan peningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD 1 Sukobubuk. Berbicara adalah aktivitas berbahasa kedua yang dilakukan manusia setelah mendengarkan. Berbicara merupakan alat komunikasi yang umum digunakan dalam berinteraksi di masyarakat. Melalui berbicara seseorang mengungkapkan pikiran dan perasaannya, seperti mengomentari persoalan faktual. Persoalan faktual adalah permasalahan yang berdasarkan kenyataan. Model pembelajaran Numbered Heads Together adalah model pembelajaran yang membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil dengan cara setiap siswa dalam setiap kelompok diberi nomor kepala. Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan menggunakan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 14 dan 16 April 2014 dan siklus II dilaksanakan pada tanggal 21 dan 30 April 2014 dengan subjek penelitian berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan datanya berupa tes, unjuk kerja, observasi, wawancara dan dokumetasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa dari skor rata-rata kelas siklus I sebesar 30,304 menjadi 33,307 pada siklus II dengan kategori tinggi. Hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan keterampilan mengajar guru dari siklus I ke siklus II. Siklus I mendapat total skor 64 dan siklus II menjadi 70,5 dengan kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar kelas dan nilai rata-rata pada setiap siklusnya. Presentase ketuntasan prasiklus sebesar 30% naik menjadi 51,85% pada siklus I dan naik menjadi 77,78% pada siklus II. Nilai rata-rata prasiklus sebesar 67,667 naik menjadi 73,333 pada siklus I dan pada siklus II naik menjadi 78,333. Simpulan pada penelitian ini adalah terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa, keterampilan mengajar guru, dan keterampilan berbicara siswa kelas V SD 1 Sukobubuk dengan diterapkannya model pembelajaran Numbered Heads Together. Saran dari peneliti yaitu siswa diharapkan dapat belajar dengan tertib dan saling menyemangati, guru kedepan hendaknya dapat menggunakan model pembelajaran inovatif seperti NHT dan mengarahkan siswa untuk terlibat aktif belajar, sekolah hendaknya memberikan kesempatan kepada guru untuk menggunakan pembelajaran inovatif terutama NHT, dan bagi peneliti lainnya diharapkan dapat lebih memahami model pembelajaran Numbered Heads Together sehingga proses pembelajaran berjalan lancar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Mengomentari Persoalan Faktual, dan Model Pembelajaran Numbered Heads Together.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 25 Mar 2015 04:04
Last Modified: 25 Mar 2015 04:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4364

Actions (login required)

View Item View Item