Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd N 3 Bae Kudus Tahun 2013/2014

RATNAWATI, DYAH (2015) Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd N 3 Bae Kudus Tahun 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Ha. Judul) - Accepted Version
Download (850kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (216kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (222kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (414kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (231kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (186kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (249kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Hasilwawancaraantarapenelitidan guru kelas IV SD N 3 Bae Kudus dandokumentasidarinilaiulanganprasiklusdiperolehinformasibahwahasilbelajar IPS siswamasihrendah.Hal inidisebabkandalampelaksanaanpembelajaran, guru menggunakanmetode yang tidakmemberikankesempatansiswauntukaktifdankreatif yang mengakibatkankegiatanbelajarmembosankan.Tujuanpenelitianiniadalahmenemukanpeningkatanhasilbelajar, aktivitassiswa, danketerampilan guru dalampembelajaran IPS materiperkembanganteknologiproduksi, komunikasi, dantransportasidenganmenerapkan model Contextual Teaching and Learning. Model Contextual Teaching and Learning merupakan model pembelajaran yang mengaitkankontenmatapelajarandengansituasidunianyatasiswa.Penerapan model Contextual Teaching and Learning dilaksanakandengan 7 tahap, yaitu (1) konstruktivisme, (2) inkuiri, (3) bertanya, (4) masyarakatbelajar, (5) pemodelan, (6) refleksi, (7) penilaian yang sebenarnya. Hasilbelajar IPS merupakantingkahlaku yang dimilikisiswasebagaiakibatdari proses belajarnya, meliputiaspekkognitif, afektif, danpsikomotor. Materi yang dibahaspenelitiadalahperkembanganteknologiproduksi, komunikasi, dantransportasi. Penelitiantindakankelasinidilaksanakandalamduasiklus, setiapsiklusterdiriatastahapperencanaan, tindakan, observasi, danrefleksi.Subjekpenelitianadalah guru dansiswakelas IV SD N 3 Bae Kudus sebanyak 28 siswa.Variabelbebasdalampenelitianiniadalah model Contextual Teaching and Learning, sedangkanvariabelterikatnyahasilbelajar IPS materiperkembanganteknologiproduksi, komunikasi, dantransportasi. Teknikpengumpulan data berupaobservasi, wawancara, tes, dandokumentasi.Data yang diperolehdaritindakan yang dilakukandianalisissecarakuantitatifdankualitatif. Hasilpenelitianmenunjukkan (1) hasilbelajar IPS padaprasiklusmemperoleh rata-rata 61,78 denganpersentase 50%, meningkatmenjadi 69,46 denganpersentase 67,86%, padasiklus I dansiklus II menjadi 76,60 denganpersentase 82,14%, (2) aktivitassiswapadasiklus I memperoleh rata-rata persentase 76,65% (baik) danmeningkatpadasiklus II menjadi 86,85% (sangatbaik), (3) keterampilan guru dalammengelolapembelajaran di siklus I memperoleh rata-rata persentase 70,23% (baik) danmeningkatmenjadi 86,30% (sangatbaik). Berdasarkanpenelitianini, dapatdisimpulkanbahwa model Contextual Teaching and Learning dapatmeningkatkanhasilbelajar IPS siswa, aktivitassiswa, danketerampilan guru padapembelajaranmateriperkembanganteknologiproduksi, komunikasi, dantransportasikelas IV semester 2 di SD N 3 Bae Kudus tahunpelajaran 2013/2014. Penelitimemberikan saran kepada (1) guru, agar menerapkan model Contextual Teaching and Learning mengingat model inimemberikankesempatanpadasiswauntukaktifdankreatifdalampembelajaransebagaiinovasipembelajaran IPS denganmempertimbangkanwaktu yang tersedia, (2) siswa, lebihaktifdalampembelajarandanseringberlatihmengerjakansoal agar hasilbelajarnyadapatmeningkat, (3) sekolah, agar memberikandukungan, kesempatan, dansaranaprasaranakepada guru untukmeningkatkanketerampilanmengajardenganmenerapkaninovasi model pembelajaran, dan (4) penelitiselanjutnya, sebaiknyadapatlebihmemahamidanterampilmenerapkanlangkah-langkah model pembelajaranContextual Teaching and Learning, sehingga proses pembelajaranberjalandenganlancar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Contextual Teaching and Learnin, HasilBelajar IPS, PerkembanganTeknologiProduksi, Komunikasi, danTransportasi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 25 Mar 2015 04:18
Last Modified: 25 Mar 2015 04:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4366

Actions (login required)

View Item View Item