Pengaruh Cbt (Cognitif Behavior Therapi) dalam Memperkuat Tiga Pilar Kecerdasan Moral (Empati, Nurani, Kontrol Diri) Pada Remaja Dengan Perilaku Agresif

Ahyani, Latifah Nur and Astuti, Dwi (2013) Pengaruh Cbt (Cognitif Behavior Therapi) dalam Memperkuat Tiga Pilar Kecerdasan Moral (Empati, Nurani, Kontrol Diri) Pada Remaja Dengan Perilaku Agresif. [Experiment]

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
PDF (Hal. Depan)
laporan_penelitian_CBT.1-7.pdf - Accepted Version

Download (834kB)
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
laporan_penelitian_CBT.8-12.pdf - Accepted Version

Download (835kB)
[thumbnail of Bab 2]
Preview
PDF (Bab 2)
laporan_penelitian_CBT.13-32.pdf - Accepted Version

Download (887kB)
[thumbnail of Bab 3]
Preview
PDF (Bab 3)
laporan_penelitian_CBT.33-46.pdf - Accepted Version

Download (867kB)
[thumbnail of Bab 4]
Preview
PDF (Bab 4)
laporan_penelitian_CBT.47-60.pdf - Accepted Version

Download (886kB)
[thumbnail of Bab 5]
Preview
PDF (Bab 5)
laporan_penelitian_CBT.61-62.pdf - Accepted Version

Download (824kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
laporan_penelitian_CBT.63-65.pdf - Accepted Version

Download (830kB)
[thumbnail of Lampiran]
Preview
PDF (Lampiran)
laporan_penelitian_CBT.66-135.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
Official URL: http://umk.ac.id

Abstrak

Agresifitas yang dilakukan oleh remaja dengan latar belakang sekolah disebabkan adanya nurani yang kurang berkembang pada remaja, kurangnya kontrol terhadap impuls, kurangnya sensitivitas terhadap nilai moral. Salah satu faktor yang dapat menimbulkan perilaku agresif adalah model agresif. Baron (1984) menyatakan bahwa jika seseorang melihat model agresi, misal melihat orang lain berperilaku kasar akan mendorong sikap, emosi dan perilakunya untuk berperilaku yang sama seperti model yang dilihat. Melalui CBT (Cognitif Behavior Therapi) dihadirkan model yang meniadakan perilaku agresif dan menekankan munculnya empati sehingga individu dapat meniru model, individu dapat menangkap inspirasi mengenai perilaku yang meniadakan agresi dan dapat diberikan penguatan ketika muncul empati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh CBT (cognitif behavior therapi) dalam memperkuat tiga pilar kecerdasan moral (empati, nurani, kontrol diri) pada remaja dengan perilaku agresif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan pada taraf 99% tingkat agresifitas antara sebelum mendapatkan perlakuan CBT (Cognitif Behavior Therapy) dengan sesudah mendapatkan perlakuan CBT. Setelah mendapatkan perlakuan CBT tingkat agresifitas lebih rendah dibandingkan sebelum mendapatkan perlakuan CBT. Besarnya koefisien beda dengan t sebesar 4,093 dengan p sebesar 0,001 (p<0,05). Ada perbedaan yang sangat signifikan pada taraf 99% tingkat empati antara sebelum mendapatkan perlakuan CBT dengan sesudah mendapatkan perlakuan CBT. Setelah mendapatkan perlakuan CBT tingkat empati lebih tinggi dibandingkan sebelum mendapatkan perlakuan CBT. Besarnya koefisien beda dengan t sebesar -3,916 dengan p sebesar 0,002 (p<0,05). Berdasarkan hasil analisis data juga diperoleh besarnya koefisien beda pada variabel nurani dengan t sebesar -2,540 dengan p sebesar 0,024 (p<0,05) yang berarti signifikan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada taraf 95% tingkat nurani antara sebelum mendapatkan perlakuan CBT (Cognitif Behavior Therapy) dengan sesudah mendapatkan perlakuan CBT. Setelah mendapatkan perlakuan CBT tingkat nurani lebih tinggi dibandingkan sebelum mendapatkan perlakuan CBT. Selain itu, hasil analisis data juga diperoleh besarnya koefisien beda pada variabel kontrol diri dengan t sebesar -3,196 dengan p sebesar 0,006 (p<0,05) yang berarti sangat signifikan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan pada taraf 99% tingkat kontrol diri antara sebelum mendapatkan perlakuan CBT (Cognitif Behavior Therapy) dengan sesudah mendapatkan perlakuan CBT. Setelah mendapatkan perlakuan CBT tingkat kontrol diri lebih tinggi dibandingkan sebelum mendapatkan perlakuan CBT. Besarnya pengaruh CBT terhadap perilaku agresif tampak pada sumbangan efektif yaitu sebesar 23,7 %. Besarnya pengaruh CBT terhadap empati tampak pada sumbangan efektif yaitu sebesar 30,8 %. Besarnya pengaruh CBT terhadap nurani tampak pada sumbangan efektif yaitu sebesar 34,4 %. Besarnya pengaruh CBT terhadap kontrol diri tampak pada sumbangan efektif yaitu sebesar 34,5 %. Sumbangan efektif yang cukup besar ini penting untuk diperhatikan.

Item Type: Experiment
Kata Kunci: CBT (Cognitif Behavior Therapy), Perilaku Agresif, Empati, Nurani,Kontrol diri
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Program Studi: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 25 Mar 2015 05:10
Last Modified: 25 Mar 2015 05:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4368

Actions (login required)

View Item View Item