Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013

Roysa, Mila (2013) Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. prosiding Seminar Nasional Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 sebagai Pengehali Peradapan Bangsa. pp. 35-39.

[img]
Tinjau ulang
Image (JPEG) (Cover) - Published Version
Download (109kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Depan) - Published Version
Download (313kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Artikel) - Published Version
Download (1MB) | Tinjau ulang

Abstrak

Pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Dalam konteks pendidikan, guru mengajar agar peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek kognitif), juga dapat memengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) seorang peserta didik, namun proses pengajaran ini memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan pengajar saja, sedangkan pembelajaran menyiratkan adanya interaksi antara pengajar dengan peserta didik. Pengintegrasian pendidikan karakter dalam kurikulum mendongeng juga dapat diaplikasikan dalam kurikulum 2013 pada siswa sekolah dasar, karena materi dongeng dipilih sebagai alternatif untuk pengintegrasian ke dalam mata pelajaran lain (bahasa Indonesia, agama, dan matematika).

Tipe dokumen: Artikel
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia, Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 28 Mar 2015 05:16
Last Modified: 28 Jul 2015 07:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4373

Actions (login required)

View Item View Item