Pengembangan Ketrampilan Sosial Siswa pada Pembelajaran Ips Berbasis Keunggulan Lokal Kudus Melalui Penerapan Reciprocal Learning Berbantu Media Cerita dan Metrik Ingatan

Kanzunnudin, Mohammad and Oktavianti, Ika (2014) Pengembangan Ketrampilan Sosial Siswa pada Pembelajaran Ips Berbasis Keunggulan Lokal Kudus Melalui Penerapan Reciprocal Learning Berbantu Media Cerita dan Metrik Ingatan. [Experiment]

[thumbnail of Laporan Full]
Preview
PDF (Laporan Full)
LAPORAN%20PENELITIAN%20AKHIR%20100%25%20LENGKAP%20REVISI%201.pdf - Published Version

Download (3MB)
Official URL: http://umk.ac.id

Abstrak

Tujuan khusus pada penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan penerapan reciprocal learning berbantu media cerita dan metrik ingatan dalam mengembangkan ketrampilan sosial siswa pada pembelajaran IPS berbasis keunggulan lokal, 2) untuk menjelaskan pengembangan ketrampilan sosial siswa pada pembelajaran IPS berbasis keunggulan lokal setelah diterapkannya reciprocal learning berbantu media cerita dan metrik ingatan, 3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan ketrampilan sosial siswa pada pembelajaran IPS berbasis keunggulan lokal melalui penerapan reciprocal learning berbantu media cerita dan metrik ingatan. Sedangkan tujuan jangka panjang dari penelitian ini reciprocal learning berbantu media cerita dan metrik ingatan dapat digunakan dalam mengembangkan kecerdasan pada siswa dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan mixed methods (metode kombinasi). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Mitra MBS PGSD FKIP UMK se-Kecamatan Bae Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan desain anĂ¡lisis interaktif. Hasil yang dicapai sampai saat ini, penelitian telah dilakukan di 3 SD Mitra MBS Kabupaten Kudus yaitu SD 1 Bacin, SD 4 Dersalam dan SD 1 Panjang. Sehingga penelitian berjalan dengan lancar di 3 SD Mitra MBS. Mulai tahap pengumpulan data adalah mengambil data penelitian dengan cara wawancara ke siswa, kemudian membagikan angket ke siswa dan observasi dalam pembelajaran di kelas, kemudian pada tahap reduksi data adalah dengan pemilahan data yang sesuai dengan data yang tidak sesuai, tahap selanjutnya penyajian data adalah data yang sesuai diintepretasikan sehingga diperoleh suatu kesimpulan yang memadai. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran berjalan lancar, respon siswa dalam pembelajaran hampir semua baik begitu juga dengan guru, responnya sangat baik. Kemudian adanya pengembangan ketrampilan sosial siswa pada pembelajaran IPS berbasis keunggulan lokal melalui penerapan Reciprocal learning berbantu media cerita dan metrik ingatan

Item Type: Experiment
Kata Kunci: Ketrampilan Sosial, Pembelajaran IPS, Keunggulan Lokal, Reciprocal learning, Media Cerita, Metrik Ingatan
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Mar 2015 05:31
Last Modified: 28 Mar 2015 05:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4375

Actions (login required)

View Item View Item