Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Simulasi Siswa Kelas Xi Multimedia Smk Nasional Pati

MUNAWAROH, EVI (2015) Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Simulasi Siswa Kelas Xi Multimedia Smk Nasional Pati. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (532kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (674kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (604kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (911kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (559kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (523kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (519kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya kreativitas belajar siswa kelas XI Multimedia SMK Nasional Pati. Masih banyak siswa yang kurang memiliki kreativitas belajar, yang masih rendah. Sebagian siswa hanya mengacu pada apa yang disampaikan oleh guru dan kurang bisa mengembangkan kreativitas belajar mereka. Kuragnya rasa ingin tahu yang mendalam, belum mampu berpikir secara kreatif dan inovatif, tidak adanya keinginan untuk mengajukan pertanyaan yang baik, kurang memberikan gagasan,kurang mempunyai daya imajinasi, Orisinal dalam mengungkapkan gagasan, serta belum mampu mempertanggungjawabkan gagasan yang mereka sampaikan. Permasalahan yang diteliti : “Apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simualsi dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas XI Multimedia SMK Nasional Pati?” Penelitian ini membahas tentang kreativitas belajar siswa yang ditangani melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi. Penelitian bertujuan untuk : 1. Mendiskripsikan kreativitas belajar sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi siswa kelas XI Multimedia di SMK Nasional Patitahun pelajaran 2014/2015., 2. Mendeskripsikan ketrampilan peneliti dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi., 3. Untuk memperoleh peningkatan kreativitas belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi siswa kelas XI Multimedia di SMK Nasional Pati pada tahun ajaran 2014/2015. Hipotesis Tindakan : Layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas XI SMK Nasional Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas ( Layanan Bimbingan Kelompok ) dan variabel terikat ( Kreativitas Belajar). Penelitian dilakukan dalam 2 siklus ( siklus I dan siklus II). Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan dengan menggunakan waktu 45 menit. Subyek penelitian kelas XI Multimedia berjumlah 8 siswa. Bentuk penelitian ini adalah PTBK yang bersifat kualitatif. Metode pengumpulan data dengan metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara. Berdasarkan pada pembahasan dan analisis data hasil pengamatan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Pada siklus I pertemuan I siswa memperoleh hasil 33,5% (Rendah), kemudian pada siklus I pertemuan II siswa mengalami peningkatan dengan skor 50% (Cukup), Pada pertemuan siklus I pertemuan III mengalami peningkatan menjadi 62,5 % (Baik), pada pertemuan siklus II pertemuan I dengan skor 80% (baik), siklus II pertemuan II dengan skor 85%, pada siklus II pertemuan III dengan skor 89% (Sangat Baik). Dari hasil layanan bimbingan kelompok pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yang sangat baik. Sehingga hipotesis berbunyi “ Layanan Bimbingan Kelompok dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas XI multimedia SMK Nasional Pati tahun Pelajaran 2014/2015” diterima karena teruji kebenarannya. Dari hasil penelitian, maka dapat diajukan saran-saran sebagai berikut: 1. Kepala Sekolah : Memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung 2. Guru BK (Konselor) : Memprogramkan layanan bimbingan kelompok berkaitan dengan cara peningkatan kreativitas belajar siswa sesuai dengan kebutuhan siswa memanfaatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi. 3. Wali kelas dan Guru Mata Pelajaran: Sebaiknya dapat menggunakan hasil temuan penelitian terkait rendahnya kreativitas belajar siswa 4. Orang tua : Diharapkan orang tua atau wali murid untuk lebih memperhatikan anak – anaknya terutama membantu dan memotivasi pencapaian prestasi yang tinggi 5. Siswa : Dengan adanya layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi diharapkan siswa dapat termotivasi dalam pencapaian prestasi yang tinggi. 6. Peneliti berikutnya : Diharapkan peneliti berikutnya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai dasar untuk mengadakan serta mengembangkan penelitian selanjutnya dengan memperluas aspek kajian penelitian dan mempergunakan hasil penelitian ini sebagai tambahan pengetahuan dan referensi terutama yang berkaitan dengan kreativitas belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Permainan Simulasi, Kreativitas Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 30 Mar 2015 07:23
Last Modified: 30 Mar 2015 07:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4379

Actions (login required)

View Item View Item