Upaya Meningkatkan Kreativitas Berwirausaha Melalui Layanan Penguasaankonten Dengan Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas Xsma N 1 Mejobo Kudustahun Pelajaran 2014/2015

WULANDARI, JUNIANTI (2015) Upaya Meningkatkan Kreativitas Berwirausaha Melalui Layanan Penguasaankonten Dengan Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas Xsma N 1 Mejobo Kudustahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (981kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (973kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti terhadap siswa kelas X-3 yang dilakukan pada tanggal 27 Mei 2014 hari selasa pukul 10.00-12.00 di SMA 1 Mejobo Kudus sebagian siswa yang belum dapat mengoptimalkan kemampuan kreatifitasnya dalam berwirausaha. Kaitannya dengan kemampuan kreativitas dalam berwirausaha antara lain siswanya belum bisa menyusun tujuan karirnya dengan baik, hal ini ditandai dengan siswa belum memiliki hasrat pribadi untuk maju dan berkembang, dilihat dari pasifnya di dalam kelas dan siswa suka malas dalam praktek peningkatan skill, berakibatkan bimbangnya siswa dalam pemilihan berwirausaha atau karir dan rendahnya minat dalam hal ikut serta extrakulikuler. Permasalahan penelitian sebagai berikut: Bagaimanakah Penerapan Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Simulasi Dapat Meningkatkan Kreativitas Berwirausa Pada Siswa kelas X-3 SMA N 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian yaitu: Memaparkan penerapan layanan penguasaan konten dengan tehnik simulasi dalam meningkatkan kreatifitas berwirusaha pada siswa kelas X-3 SMA N 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015.Hipotesis Penelitian adalah: Layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi dapat meningkatkan kreativitas berwirausaha siswa. Penelitian ini didesain dalam bentuk PTBK kualitatif. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-3 SMAN 1 Mejobo Kudus sebanyak 38 siswa. Variabel penelitian: Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Simulasi (Variabel Bebas) dan Kreativitas Berwirausaha (Variabel Terikat). Metode pengumpulan data dengan metode pokok observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan, setiap siklus terdiri dari 3tahapan. Data diperoleh dari observasi dilakukan secara langsung bersama guru kelas. Hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh dari pra siklus dilakukan dengan data hasil observasi terhadap 10 aspek penilaian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terbukti dengan hasil yang diperoleh yang dilakukan peneliti sebelum tindakan, dan setelah siklus I dan siklus II yang diperlihatkan bahwa kreativitas berwirausaha mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada pra siklus mendapat skor 17,8 (kurang), pada siklus I mendapat nilai rata-rata 26,53 (cukup), dan pada siklus II mendapat nilai rata-rata 41,8(baik). Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis makadisimpulkan bahwa layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi dapat meningkatkan kreativitas berwirausaha. Hal ini terbukti sebelum pemberian layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi kreativitas berwirausaha kurang. Setelah layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi pada siklus I kreativitas berwirausahamemperoleh kategori cukup dan pada siklus II kreativitas berwirausaha memperoleh kategori baik. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi dapat meningkatkan kreativitas berwirausaha sesuai dengan peningkatan indikator keberhasilan. Melihat temuan di lapangan peneliti memberikan saran: Diharapkan 1. Bagi Kepala sekolah,dapat memberikan peningkatan kualitas pendidikan di sekolahdalam bidang pelayanan bimbingan dan konseling untuk pengembangan diri peserta didik guna peningkatan kreatifitas berwirausaha siswa. 2. Bagi siswa, siswa terbantu dalam meningkatkan kreatifitas berwirausaha siswa dengan baik. 3. Bagi guru pembimbing,penelitian ini dapat dijadikan materi tentang bagaimana cara meningkatkan kreatifitas berwirausaha siswa dengan menggunakan layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Dra. Hj. Sutarti, SE, MM
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Berwirausaha. Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Simulasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 30 Mar 2015 07:33
Last Modified: 30 Mar 2015 07:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4380

Actions (login required)

View Item View Item