Upaya Mereduksi Intensi Tawuran Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Asertif Kelas Xi Multimedia Smk Taman Siswa Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015

SEPTYORINI, ERNI HADI (2015) Upaya Mereduksi Intensi Tawuran Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Asertif Kelas Xi Multimedia Smk Taman Siswa Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (682kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (733kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (763kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (902kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (679kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (662kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (130kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti di SMK Taman Siswa Kudus pada siswa kelas XI Multimedia, ditemukan siswa yang mempunyai permasalahan tawuran. Permasalahan yang akan diteliti: “Apakah Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Asertif dapat Mereduksi Intensi Tawuran pada siswa Kelas XI Multimedia SMK Taman Siswa Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015?”. Sedangkan tujuan penelitian yaitu : “Mendiskripsikan layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik asertif dalam mereduksi intensi tawuran siswa kelas XI Multimedia SMK Taman Siswa Kudus”. Dalam penelitian ini mengkaji teori yang berhubungan dengan intensi tawuran melalui layanan konseling kelompok dengan teknik asertif. Intensi merupakan keinginan yang kuat seseorang untuk melakukan sesuatu yang dipengaruhi oleh perilaku yang diwujudkan secara nyata.Tawuran merupakan perkelahian massal atau perkelahian yang dilakukan secara massal atau beramai-ramai antara sekelompok pelajar dengan sekelompok pelajar lainnya. Sedangkan mereduksi intensi tawuran adalah upaya mengurangi keinginan siswa untuk melakukan perilaku agresif siswa yang mendorong untuk melakukan tawuran. Konseling kelompok merupakan salah satu bentuk teknik bimbingan dan bagian terpadu dari keseluruhan program bimbingan dan konseling komprehnsif yaitu bagian terpadu dari keseluruhan program pendidikan setiap sekolah sesuai dengan perkembangan siswa. Dalam layanan konseling kelompok ini menggunakan teknik asertif dengan teknik ini individu diarahkan agar dapat jujur terhadap konselor untuk permasalahannya disetiap individu masing-masing. Hipotesis Penelitian ini adalah: “Layanan konseling kelompok dengan teknik asertif dapat mereduksi intense tawuran pada siswa kelas XI Multimedia SMK Taman Siswa Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015”. Subjek pada penelitian ini adalah kelas XI Multimedia SMK sebanyak 8 siswa, Jenis penelitian ini adalah PTK yaitu suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif. Selanjutnya metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang di gunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dari siklus I ke siklus II yang setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan yang mengamati 10 aspek indikator mereduksi intensi tawuran. Hal ini terbukti dengan hasil yang diperoleh dari setiap observasi yang dilakukan sebelum tindakan dan setelah pemberian layanan tersebut memperlihatkan bahwa mereduksi intensi tawuran siswa mengalami peningkatan yaitu pada pra siklus mendapatkan skor 20,6 dalam kategori kurang (K), pada siklus I memperoleh hasil rata-rata 30,2 dalam kategori cukup (C) dan pada siklus II memperoleh hasil rata-rata 42,7 dalam kategori sangat baik (SB).. Kesimpulannya bahwa kondisi 8 siswa sebelum diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik asertif, siswa mempunyai mempunyai masalah tawuran. Namun setelah diberikan layanan yang dilakukan peneliti dengan 2 siklus tersebut menunjukan adanya peningkatan. Jadi melalui layanan konseling kelompok dengan teknik asertif siswa kelas XI Multimedia SMK Taman Siswa Kudus Tahun ajaran 2014/2015. Selanjutnya peneliti memberikan menyampaikan saran kepada: 1. Kepala sekolah, dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan kebijakan yang mendukung pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. 2. Kepada Guru BK, dapat digunakan sebagai panduan untuk melaksanakan layanan bimbingan dan konseling kelompok di sekolah dalam mereduksi intensi tawuran. 3. Kepada Peneliti, hasil penelitian merupakan umpan balik dan hasil nyata dari penerapan ilmu yang didapatkan selama mengikuti pendidikan di Universitas Muria Kudus. 4. Kepada siswa sebagai pengetahuan arti pentingnya konseling kelompok dalam mereduksi intensi tawuran baik dilingkungan sekitar terutama dilingkungan sekolah.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Intensi Tawuran, Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Asertif.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 30 Mar 2015 08:01
Last Modified: 30 Mar 2015 08:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4384

Actions (login required)

View Item View Item