Penerapan Konseling Rational Emotif Terapy Dengan Mengunakan Teknik Assertive Training Untuk Mengatasi Rasa Minder Terhadap Lawan Jenis Siswa Kelas Xi Smk Nu Ma’arif Kudus Tahun Ajaran 2014/2015

MUJIBURROHMAN, - (2015) Penerapan Konseling Rational Emotif Terapy Dengan Mengunakan Teknik Assertive Training Untuk Mengatasi Rasa Minder Terhadap Lawan Jenis Siswa Kelas Xi Smk Nu Ma’arif Kudus Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (943kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (193kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (365kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (315kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (362kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (202kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (185kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (110kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi beberapa siswa di SMK Nu Ma’arif Kudus yang merasa minder terhadap lawan jenis. Menurut pengakuan guru BK, ada tiga siswa yang memiliki gejala-gejala merasa minder terhadap lawan jenis.. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah faktor – faktor yang menyebabkan rasa minder dengan lawan jenis pada siswa kelas XI SMK Nu Ma’arif Kudus Tahun Ajaran 2014/ 2015? Bagaimana Penerapan Pendekatan Rational Emotif Terapy dengan Teknik Assertive Training dapat Membantu untuk mengatasi rasa minder dengan lawan jenis pada Siswa Kelas XI SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Ajaran 2014/ 20145. Tujuan penelitian ini adalah menemukan faktor – faktor penyebab rasa minder terhadap lawan jenis pada siswa kelas XI SMK Nu Ma’arif Kudus dan membantu mengatasi rasa minder terhadap lawan jenis melalui penerapan pendekatan Rational emotif terapy dengan teknik Assertive Training pada Siswa Kelas XI SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Ajaran 2014/ 2015. Konseling Rational Emotif Trapy adalah Manusia pada dasarnya unik memiliki kecenderungan berpikir logis dan tidak logis. Apabila manusia berpikir logis manusia akan efektif dan bahagia, sedangkan apabila manusia berpikir tidak logis mereka akan menjadi tidak efektif. Teknik assertive Trainning, adalah teknik yang digunakan untuk melatih,mendorong dan membiasakan klien untuk secara terus-menerus menyesuaikan dirinya dengan prilaku tertentu yang diinginka Penelitian ini didesain dengan menggunakan Studi Kasus dengan jumlah subjek 3 siswa yang terdiri dari satu perempuan dan dua laki-laki yaitu HW, DK, MS. yang dilakukan dengan beberapa metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan Induksi System Bacon, yaitu dimana peneliti mengumpulkan faktor-faktor penyebab sebanyak mungkin sampai seluruh kondisi yang harus ditabulasi kemudian ditarik kesimpulan tertentu atau meneruskan pemecahan masalah klien. Berdasarkan hasil penelitian konseli I (HW) mengalami rasa minder karena kondisi factor ekonomi keluarga yang kurang jika di bandingkan dengan teman satu kelasnya. Konseli II (DK) mengalami minder terhadap lawan jenis di karenakan DK merasa takut kalau akan jadi bahan ejekan oleh teman-temanya di dalam kelasnya, di karenakan DK murid perempuan sendiri di dalam kelasnya. Konseli III (MS) mengalami rasa minder terhadap teman-teman kelasnya karena MS sering jadi bahan ejekan olah teman-teman satu kelasnya di karenakan MS bertubuh pendek dan berkulit hitam. Hasil konseling menunjukan bahwa klien 1(HW) bisa mengatasi rasaminder terhadap teman satu kelas. Klien 2 (DK) dapat mengatasi rasa minder terhadap lawan jenis satu kelasnya. Klien 3 (MS) Dapat mengatasi rasa minder terhadap teman satu kelas yang sering mengejek. Berdasarkan kesimpuln penelitian ini bahwa penerapan konseling Rational Emotif Terapy dengan menggunakan Teknik asertive training dapat mengatasi rasaminder terhadap lawan jenis. Peneliti memberikan saran kepada kepala sekolah hendaknya melakukan pertemuan secara periodik dengan wali kelas, guru BK serta murid untuk membahas permasalahan setiap siswa yang memiliki rasa minder terhadap lawan jenis. Kepada konselor agar Selalu memperhatikan perkembangan siswa khususnya siswa yang memiliki sikap dan perhatian khusus agar dapat mengembangkan diri di sekolah. Dapat menggunakan Konseling rational emotif terapy atau teknik yang lain untuk mengatasi rasa minder terhadap lawan jenis. Kepada siswa agar senantiasa siswa-siswi selalu berfikiran dan berprasangka yang baik tentang dirinya dan lingkungan sekitar dan selalu senantiasa berfikir secara lebih logis terhadap semua hal agar mencegah terjadinya rasa atau gejala yang tidak di harapkan yaitu rasa minder terhadap lawan jenis

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :DRs. Sucipto, M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Konseling Rational emotif terapy , Teknik assertive training, rasa minder terhadap lawan jenis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 30 Mar 2015 08:43
Last Modified: 30 Mar 2015 08:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4385

Actions (login required)

View Item View Item