An Analysis Of Figurative Language Used In Song Lyrics Of “4” Album By Beyonce

JAUHARI, MARTIN CAHYA (2015) An Analysis Of Figurative Language Used In Song Lyrics Of “4” Album By Beyonce. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (570kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (169kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (286kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (153kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (354kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (272kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (152kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (144kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (282kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Bahasa dalam lirik lagu cenderung seperti bahasa puisi. Salah satu hal yang dapat membuat sebuah lirik menjadi menarik adalah gaya bahasa. Terlebih, gaya bahasa adalah hal penting dalam pembuatan lirik lagu, sehingga lagu yang telah dibuat menjadi menarik dan puas untuk dinyanyikan dan didengar. Gaya bahasa adalah sebuah susunan dari sebuah bentuk yang sangat menarik dari ekspresi atau ide yang bisa memproduksi sebuah efek lebih bagus. Berdasarkan pengalaman penulis, siswa pendidikan Bahasa Inggris tidak mengerti makna gaya bahasa dalam sebuah lirik lagu. Itu dikarenakan mereka tidak pernah mempelajari gaya bahasa walaupun itu diajarkan di sekolah nampaknya mereka kurang begitu memperhatikan hal tersebut. Penulis berpikir itu sangat ironis jika siswa pendidikan Bahasa Inggris sebagai pendengar lagu tidak memahami gaya bahasa yang digunakan pada sebuah lagu. Dari penggambaran di atas penulis ingin membantu siswa pendidikan Bahasa Inggris agar tetap dekat dengan literatur Bahasa Inggris. Penulis juga berharap agar siswa pendidikan Bahasa Inggris mengetahui ekspresi atau gaya bahasa dalam lirik lagu. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menemukan jawaban dari rumusan masalah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menemukan jenis jenis gaya bahasa yang digunakan dalam lirik lagu pada “4” Album oleh Beyonce. Dan (2) untuk menggambarkan makna gaya bahasa yang digunakan dalam lirik lagu pada “4” Album oleh Beyonce. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini adalah jenis gaya bahasa yang digunakan dalam lirik lagu pada “4” Album oleh Beyonce, dan untuk sumber datanya diambil dari seluruh lirik lagu pada “4” Album oleh Beyonce, dan data analisis adalah untuk menjelaskan tentang beberapa metode yang digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah total jenis gaya bahasa yang digunakan dalam lirik lagu pada “4” Album oleh Beyonce ada 76 gaya bahasa. Dan yang paling dominan adalah simbol. Terdapat 20 simbol dalam lirik lagu tersebut. Kemudian ada 13 apostrof, 9 simil, 8 hiperbola, 5 eufemisme, 4 antitesis, 4 kiasmus, 3 anapora, 3 personifikasi, 2 elipsis, 2 sinekdot, 1 aliterasi, 1 asonansi, dan 1 oksimoron yang digunakan dalam lirik lagu pada “4” Album oleh Beyonce. Penulis menyimpulkan bahwa ada 14 jenis gaya bahasa yang digunakan dalam lirik lagu, itu adalah aliterasi, anapora, antitesis, apostrof, asonansi, kiasmus, elipsis, eufemisme, hiperbola, oksimoron, personifikasi, simil, simbol, dan sinekdot. Dan masing – masing gaya bahasa tersebut fungsi dan maknanya masing – masing. Untuk menginterpretasikan makna gaya bahasa, kita harus memperhatikan beberapa hal, sebagai berikut: mengetahui apa yang author coba bicarakan, mencari frasa yang kata katanya mempunyai makna yang berbeda dari makna biasanya, dan gaya bahasa biasanya membawa sebuah gambaran kepada pikiran si pembaca, gunakanlah gambaran itu untuk membantu pembaca memahami makna gaya bahasa. Gaya bahasa juga dapat digunakan untuk perbandingan, untuk penekanan pada kaliamat, untuk mengatakan sesuatu dengan cara yang baru, untuk membantu pembaca atau pendengar membentuk gambaran di dalam pikiran mereka, dan membuat lirik lagu atau puisi menjadi menarik. Oleh karena itu, penulis merekomendasikan beberapa saran. Penulis sangat berharap kepada siswa untuk harus suka dengan lagu, dan harus suka mendengarkan lagu. Jadi, dalam kegiatan belajar mengajar Bahasa Inggris menggunakan lagu sebagai materi dapat menjadi sangat menarik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Atik Rokhayani, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Gaya Bahasa, Lagu dan Lirik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 04 Apr 2015 04:40
Last Modified: 04 Apr 2015 04:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4397

Actions (login required)

View Item View Item