Penerapan Model Problem Based Learning Pada Subtema Pentingnya Kesehatan Diri Dan Lingkungan Muatan Bahasa Indonesia Dan Pkn

PRABOWO, TRI HARTANTO BUDI (2015) Penerapan Model Problem Based Learning Pada Subtema Pentingnya Kesehatan Diri Dan Lingkungan Muatan Bahasa Indonesia Dan Pkn. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (411kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (207kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (305kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (936kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (201kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (110kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (117kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan karena keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana ketrampilan guru mengelola pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning pada tema 4 subtema pentingnya kesehatan diri dan lingkungan muatan Bahasa Indonesia dan PKn? (2) Bagaimanakah peningkatan pembelajaran siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning pada tema 4 subtema pentingnya kesehatan diri dan lingkungan muatan Bahasa Indonesia dan PKn? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan mendeskripsikan peningkatan pembelajaran siswa pada subtema pentingnya kesehatan diri dan lingkungan. Model Problem Based Learning merupakan inovasi dalam pembelajaran karena dalam Problem Based Learning kemampuan berpikir siswa benar-benar dioptimalkan melalui proses kerja kelompok, dimana model pembelajaran ini mengaitkan materi yang diajarkan dengan pemecahan suatu masalah dalam lingkungan sekitar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD 2 Mlati Lor Kudus dengan subyek penelitian 38 siswa dan berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa melalui penerapan model Problem Based Learning dapat mendeskripsikan aktivitas siswa, keterampilan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran, dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD 2 Mlati Lor Kudus. Hasil analisis data menunjukkan terdapat peningkatan keaktifan siswa sebesar 4% dari siklus I sebesar 81% menjadi 85% pada siklus II. Peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat sebesar 10% dari siklus I 82% menjadi 92% pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa secara individu mengalami peningkatan dari pra siklus 61,3 pada siklus I 78,1 dan siklus II sebesar 83,6. Jumah siswa yang tuntas belajar meningkat dari 14 siswa (36%) pada pra siklus menjadi 26 siswa (68%) pada siklus I dan pada siklus II jumlah siswa tuntas sebanyak 33 siswa (87%). Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas siswa, keterampilan guru, dan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning pada subtema Pentingnya Kesehatan Diri dan Lingkungan Muatan Bahasa Indonesia dan PKn.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Dr. Murtono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Subtema kesehatan diri dan lingkungan, muatan Bahasa Indonesia dan PKn.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 04 Apr 2015 05:02
Last Modified: 04 Apr 2015 05:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4403

Actions (login required)

View Item View Item