Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkrit Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Subtema Pekerjaan Orang Tuaku Muatan Ipa Dan Ips

FIANA, WIWIT (2015) Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkrit Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Subtema Pekerjaan Orang Tuaku Muatan Ipa Dan Ips. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (433kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (125kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (357kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (434kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (212kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (113kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (178kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Kurangnya keterampilan guru dalam menggunakan model-model dan strategi pembelajaran yang inovatif serta tidak mengunakan berbagai macam media belajar. Aktivitas belajar siswa masih terlihat pasif. Hal ini seperti yang dialami kelas IV SD Negeri Kayen 03 Kabupaten Pati. Hasil belajar siswa masih rendah. Dari 18 yang siswa, yang mampu mencapai skor 80 dan 71 hanya 6 orang, sedangkan 12 siswa yang lain nilanya masih dibawah 60, maka hanya ada 6 siswa (33,33%) yang tuntas sedangkan 12 siswa (66,66%) yang tidak tuntas. Berdasrkan hal tersebut penelitian ini berjudul “Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkrit Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Pekerjaan Orang Tuaku Muatan IPA dan IPS.” Model Inkuiri Terbimbing Pada dasarnya siswa selama proses pembelajaran berlangsung akan memperoleh pedoman sesuai dengan yang diperlukan oleh siswa. Pada tahap awal, guru banyak memberikan bimbingan kepada siswa. Kemudian pada tahap-tahap berikutnya, bimbingan tersebut dikurangi, sehingga siswa mampu melakukan inkuiri secara mandiri. Media benda konkrit adalah media yang berupa benda nyata dapat dilihat, didengar dan dibaca. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah model pembelajaran Inkuiri terbimbing berbantuan media benda konkrit dapat meningkatkan hasil belajar siswa Subtema pekerjaan orang tuaku pada muatan IPA dan IPS bagi siswa kelas IV SDN Kayen 03, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati Jawa Tengah. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN Kayen 03 , Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati Jawa Tengah. Kegiatan Peneltian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan selama 6 bulan yaitu mulai dari September 2014 - Februari 2015. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti sebagai guru dan siswa kelas IV SDN Kayen 03, sejumlah 18 siswa, 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Dalam penelitian ini variabel bebasnya adalah penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan media benda konkrit, variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa pada subtema pekerjaan orang tuaku pada muatan IPA dan IPS. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini peneliti menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan belajar klasikal pada subtema pekerjaan orang tuaku yang cukup signifikan antara kondisi awal (33,33%), siklus I (69,4%), dan siklus II (88,88%). Pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti dengan penerapan model inkuiri terbimbing pada siklus I memperoleh jumlah skor 170 dengan Presentase Klasikal 77,2% yang mengalami peningkatan pada siklus II jumlah skor menjadi 188 dengan presentase 85,4% dan masuk pada kriteria sangat baik. Sedangkan aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I memperoleh presentase klasikal 75% (Baik) yang mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 88,8% (sangat baik). Simpulan penelitian yaitu, bahwa penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan media benda konkrit dapat meningkatan hasil belajar pada subtema Pekerjaan orang tuaku pada muatan pelajaran IPA dan IPS. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, disarankan kepada (1) Siswa hendaknya selalu memperhatikan apa yang disampaikan guru. (2) Guru hendaknya menggunakan penerapan model inkuiri terbimbing berbantua media benda konkrit karena sesuai dengan karakteristik dan perkembangan siswa. (3) Sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk memperlancar proses pembelajaran. (4) Peneliti dalam mempersiapkan untuk pelaksanaan penelitian, harus lebih maksimal.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Drs. Sucipto, M.Pd., Kons.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Media benda konkrit, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 07 Apr 2015 07:22
Last Modified: 07 Apr 2015 07:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4418

Actions (login required)

View Item View Item