AFSANTIN, SYARIFAH (2015) Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Berbasis Asesmen Kinerja Subtema Sikap Kepahlawanan Kelas Iv Sd 2 Getas Pejaten Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
Kover_Depan.pdf - Accepted Version Download (877kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_2.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (625kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_3.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_4.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (507kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_5.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_6.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (101kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Download (188kB) |
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitianinibertujuanuntukmendiskripsikanpeningkatanketerampilan guru danhasilbelajarpesertadidikterhadappembelajaranSubtemaSikapKepahlawananmelalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasisasesmenkinerja. Model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasisasesmenkinerjamerupakansalahsatu model pembelajaran yang dapatdigunakan guru untukmenilaitigaaspekhasilbelajaryaituaspeksikap, aspekpengetahuan, danaspekketerampilanpesertadidik. Subjekpenelitianyakni guru danpesertadidikkelas IV SD 2 GetasPejaten Kudus yang berjumlah 12 orang. Jenispenelitianiniyaknipenelitiantindakankelasdenganduasiklus. Setiapsiklusterdiriatastahapperencanaan, pelaksanaantindakan, observasidanrefleksi.Metodepenelitianmenggunakanmetodetriangulasi data. Data keterampilan guru dan data hasilbelajarpesertadidik yang berupaaspeksikapdanaspekketerampilandikumpulkandenganinstrumenobservasi, sedangkan data hasilbelajarpesertadidikaspekpengetahuandikumpulkandenganinstrumentesuraian. Metodepenyusunan data menggunakanteknikanalisiskualitatifdankuantitatifyang digunakanuntukmendiskripsikanketerampilan guru danhasilbelajarpesertadidik. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) keterampilan guru padasiklusI memperolehrata-rata persentase 75% dengankategoribaikdanketerangancukupberhasil, padasiklus II memperolehrata-rata presentase 87,49% dengankategoriamatbaikdanketeranganberhasil; (2) hasilbelajarpesertadidikaspeksikappadasiklus I memperoleh rata-rata klasikal 3,06 denganpersentasekeberhasilan 79,15% dankategoritinggi, padasiklus IImemperoleh rata-rata klasikal3,55 denganpersentasekeberhasilan100% dankategorisangattinggi; (3) hasilbelajarpesertadidikaspekpengetahuanpadasiklus I memperoleh rata-rata klasikal 77,08 padamuatan IPA dan 74,58 padamuatanMatematikadenganprosentasekeberhasilan 75% padamuatan IPA dan58,3% padamuatanMatematikadanpadasiklus II memperoleh rata-rata klasikal84,58 padamuatan IPA dan82,08 padamuatanMatematikadenganprosentasekeberhasilan100% padamuatan IPA dan75% padamuatanMatematika; (4) hasilbelajarpesertadidikaspekketerampilanpadasiklus I memperoleh rata-rata klasikal3,16 denganprosentasekeberhasilan83,33%dankategorisangattinggi, padasiklus IImemperoleh rata-rata klasikal3,5 denganprosentasekeberhasilan100%dankategorisangattinggi. Simpulanpenelitianinimelalui model Contextual Teaching and Learning berbasisAsesmenKinerjadapatmeningkatkankualitaspembelajaranSubtemaSikapKepahlawananMuatan IPA danMatematika yangmeliputiketerampilan guru, hasilbelajarpesertadidikaspeksikap, pengetahuandanketerampilan. Saran yang dapatpenelitiajukanmodel Contextual Teaching and Learningberbasisasesmenkinerjadapatdikembangkanlebihlanjutolehsekolahdenganharapanpenggunaanasesmenkinerjamemberikankontribusipemecahanmasalahpembelajaran yang tidakhanyamenuntutpesertadidikmenghafalkanmaterinamunjugadapatmengaplikasikandalamkehidupannya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing :Drs. Moh Kanzunnudin, M.Pd. |
Kata Kunci: | Model Contextual Teaching and Learning, asesemenkinerja, hasilbelajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 07 Apr 2015 07:50 |
Last Modified: | 07 Apr 2015 07:51 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4422 |
Actions (login required)
View Item |