Aliyatunnisa’, Dwi (2012) Upaya Mengatasi Perilaku Prokrastinasi Akademik (Penundaan Tugas) Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas X-1 SMA N 1 Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (520kB) |
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (75kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (174kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (298kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB__5.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (75kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab VI)
BAB_6.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (57kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (25kB) |
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian)
Presentasi_Ujian.pptx - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi masih ada sebagian siswa kelas X-1 SMA 1 Welahan Jepara mempunyai perilaku negatif seperti, siswa sering menunda-nunda dalam memulai dan menyelesaikan tugas ketika diberi tugas oleh guru, sering terlambat mengumpulkan tugas, lebih tertarik pada aktifitas lain yang dianggap lebih menyenangkan dari pada membuat tugas. Permasalahan yang akan diteliti: apakah layanan bimbingan kelompok dapat mengatasi perilaku prokrastinasi akademik pada siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012”? Tujuan penelitian ini adalah: diperolehnya pengurangan perilaku prokrastinasi akademik melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X-1 SMA N 1 Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritik: Penelitian ini akan memberikan sumbangan pemikiran bagi perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya bimbingan dan konseling tentang model-model pembinaan siswa dengan menggunakan bimbingan kelompok berdasarkan komitmen bersama melalui kelompok, perilaku prokrastinasi akademik (penundaan tugas) siswa dapat berkurang.2. Kegunaan Praktis: 1) Diiharapkan dapat membantu siswa menemukan solusi atas masalah prokrastinasi akademik dan dapat membantu siswa meningkatkan potensi dirinya dengan memanfaatkan dinamika kelompok dalam layanan bimbingan kelompok. 2) Memberi alternatif dalam mengarahkan siswa untuk dapat mengatasi perilaku prokrastinasi akademik (penundaan tugas). 3) Diharapkan dapat membantu pihak sekolah dalam usaha mengatasi perilaku prokrastinasi akademik. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1, sebanyak 8 siswa yang mempunyai perilaku prokrastinasi akademik yang tinggi berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: Bimbingan Kelompok (Variabel bebas) dan perilaku prokrastinasi akademik (Variabel terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan membahas 3 materi dengan alokasi waktu 45 menit (1 jam pelajaran). Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan bimbingan kelompok perilaku siswa yang sesuai dengan indikator masuk dalam kategori kurang dengan skore rata-rata 38,5. Setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada sikus I, perilaku baik siswa meningkat menjadi kategori cukup dengan skore rata-rata 55%. Sedangkan pada siklus II perilaku baik siswa terus meningkat menjadi kategori baik dengan perolehan skore rata-rata 74,75. Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat mengatasi perilaku prokrastinasi akademik pada siswa kelas X-1 SMA N 1 Welahan Jepara. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan layanan bimbingan kelompok dapat mengatasi perilaku prokrastinasi akademik pada siswa kelas X-1 SMA N 1 Welahan Jepara. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolah hendaknya memilih guru pembimbing yang benar-benar guru lulusan BK bukan guru mata pelajaran dijadikan guru BK. 2. Konselor dapat memogramkan layanan bimbingan kelompok untuk membentuk perilaku positif siswa. 3. Siswa aktif memanfaatkan layanan bimbingan kelompok untuk membantu memecahkan persoalan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I Drs. Sucipto, M.Pd. Kons., Dosen Pembimbing II Drs. Arista Kiswantoro. |
Kata Kunci: | Perilaku Prokrastinasi Akademik; Bimbingan Kelompok. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Sekolah menengah atas (SMA) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 05 Nov 2012 03:58 |
Last Modified: | 05 Nov 2012 03:58 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/443 |
Actions (login required)
View Item |