Pembelajaran Bahasa inggris dengan Printed Material Comic Strips Sebagai Media untuk meningkatkan Kosakata Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kudus

Rokhayani, Atik and Utari, Aisyah Ririn Perwikasih (2013) Pembelajaran Bahasa inggris dengan Printed Material Comic Strips Sebagai Media untuk meningkatkan Kosakata Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kudus. [Experiment]

[thumbnail of Full Laporan]
Preview
PDF (Full Laporan)
ATIK_ROKHAYANI_UNIV_MURIA_KUDUS_LAP_AKHIR_PDP.PDF - Published Version

Download (1MB)

Abstrak

Proses belajar mengajar merupakan kunci utama keberhasilan sistem pendidikan. Interaksi langsung antara guru dan peserta didik menjadi sangatlah esensial untuk dipersiapkan secara terorganisir dan terstruktur. Selain kurikulum nasional sebagai pegangan untuk pembuatan rencana pembelajaran, pengembangan komponen pembelajaran termasuk media pengajaran pun menjadi penting adanya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui apakah Printed Material Comic Strips dapat meningkatkan kosakata Bahasa Inggris siswa Sekolah Menengah Pertama di Kudus. 2) mengetahui sejauh mana keefektifan pembelajaran di dalam kelas ketika guru mengajar Bahasa Inggris dengan menggunakan Printed Material Comic Strips. 3) mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan penggunaan Printed Material Comic Strips dalam pembelajaran Bahasa Inggris Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama di Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang diterapkan pada siswa kelas VII A SMP 2 Bae Kudus yang terdiri dari 30 siswa. Sebelum melaksanakan penelitian, peneliti memberikan pre-test untuk mengetahui sejauhmana kosakata yang dimiliki oleh siswa. Hasil pre-test menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa adalah 68.27. Sedangkan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) bahasa Inggris adalah 75. Setelah itu, peneliti berkolaborasi dengan guru bahasa Inggris SMP 2 Bae untuk melaksanakan siklus I dengan menggunakan media Printed Material Comic Strips. Hasil rata-rata nilai dari siswa setelah mendapatkan pengajaran komik meningkat menjadi 76.97. Dengan demikian peneliti masih perlu melanjutkan di siklus 2 untuk lebih mengoptimalkan peningkatan pemerolehan kosakata siswa menggunakan komik berbahasa Inggris. Di siklus 2, peneliti memberikan evaluasi test pengukuran kosakata dan hasil nilai rata-ratanya adalah 85.10. Dalam menerangkan, guru mendapatkan kemudahan dengan menggunakan komik. Disamping itu, siswa juga sangat antusias dan aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan observasi, kegiatan pembelajaran bahasa Inggris menjadi lebih menarik menggunakan komik dan komik juga dapat meningkatkan kosakata siswa.

Item Type: Experiment
Kata Kunci: Bahasa Inggris, Printed, Kosakata
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Apr 2015 01:58
Last Modified: 14 Apr 2015 01:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4448

Actions (login required)

View Item View Item