Istianah, Anita (2012) Bimbingan Kelompok Untuk Menigkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V di SDN Penanggungan Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2011/2012. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
halaman_judul.pdf - Accepted Version Download (474kB) |
PDF (Bab I)
BAB_I_NEW.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_NEW.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB_III_NEW.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB_IV_new.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB_V_NEW.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab VI)
BAB_VI_NEW.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (99kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian)
ppt_skripsii.pptx - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi masih ada sebagian siswa kelas V SDN Penanggungan mempunyai prestasi belajar yang masih rendah seperti, siswa masih rendahnya kemampuan siswa untuk menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dalam penguasaan materi tersebut umumnya siswa mengalami kesulitan . Permasalahan yang akan diteliti: seberapa besar keefektivan bimbingan kelompok untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN Penanggungan Gabus Pati tahun pelajaran 2011/2012? Tujuan penelitian ini adalah: diperolehnya peningkatan prestasi melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas V SDN Penanggungan Gabus Pati Tahun Pelajaran 2011/2012. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan TeoritiS: Menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya bidang bimbingan dan konseling, menambah khasanah pustaka pendidikan. 2. Kegunaan Praktis: 1) sebagai tambahan dan pengalaman serta acuan dalam membantu siswa mencapai perkembangan prestasi belajar. 2) Memberi pengembangan prestasi belajar dengan lebih terpantau melalui . 3) Memberikan nilai presatsi pada siswa kelas V yang rendah nilainya menjadi lebih tinggi. Hipotesis Penelitian ini adalah: “Layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas V SDN Penanggungan Gabus Pati Tahun Pelajaran 2011/2012”. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas V, sebanyak 8 siswa yang mempunyai prestasi belajar yang rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: Bimbingan Kelompok (Variabel bebas) dan prestasi belajar (Variabel terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan membahas 4 materi dengan alokasi waktu 35 menit (2 jam pelajaran). Berdasarkan hasil test dan observasi sebelum tindakan bimbingan kelompok prestasi belajar siswa rendah dan masuk dalam kategori kurang dengan skore rata-rata dibawah nilai KKM dari ke 8 anak tersebut dari dilakukan bimbingan kelompok dan diberikan test bebrapa kali dari ke 8 anak tersebut 7 anak bisa mendapatkan nilai diatas KKM dan 1 anak yang masih belum bisa mendapatkan nilai yang sesuai dengan nilai KKM.. Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada Kelas V SD N Penanggungan. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan testyang diberikan dalam layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas V SDN Penanggungan V. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolah hendaknya memberikan jam BK pada kelas V agar program BK dapat terlaksana khususnya dalam layanan bimbingan kelompok, misalnya dengan melakukan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PT BK) dan lebih memperhatikan siswa-siswa yang mengalami kesulitan atau hambatan agar tujuan pendidikan nasional dapat terwujud.2. agar guru bisa memprogramkan adanya bimbingan kelompok untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. 3. Siswa aktif memanfaatkan layanan bimbingan kelompok untuk membantu memecahkan persoalan. 4. Konselor dapat memogramkan layanan bimbingan kelompok untuk membentuk prestasi belajar siswa
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I Drs. Sucipto, M. Pd, Kons. Dosen Pembimbing II Drs Arista Kiswantoro. |
Kata Kunci: | Prestasi Belajar; Bimbingan Kelompok |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar Ilmu Murni > Matematika |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 05 Nov 2012 04:25 |
Last Modified: | 05 Nov 2012 04:25 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/445 |
Actions (login required)
View Item |