Pengembangan Ketrampilan Sosial Siswa Pada Pembelajaran Ips Berbasis Keunggulan Lokal Melalui Penerapan Reciprocal Learning Berbantu Media Cerita Dan Metrik Ingatan

Oktavianti, Ika dan Kanzunnudin, Mohammad (2014) Pengembangan Ketrampilan Sosial Siswa Pada Pembelajaran Ips Berbasis Keunggulan Lokal Melalui Penerapan Reciprocal Learning Berbantu Media Cerita Dan Metrik Ingatan. Refleksi Edukatika, V (1). ISSN 2087-9385

[img]
Tinjau ulang
Image (JPEG) (Cover) - Published Version
Download (11MB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Depan) - Published Version
Download (335kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Artikel) - Published Version
Download (2MB) | Tinjau ulang

Abstrak

Pembelajaran IPS mempunyai tujuan utama untuk mengembangkan karakteristik waga negara Indonesia yang baik khususnya dalam cara berfikir, bersikap dan berperilaku sosial dalam hidup bermasyarakat. Berdasarkan tujuan utama tersebut, pembelajaran IPS tidak hanya menekankan aspek pengetahuan tetapi harus pula mengembangkan ketrampilan sosial siswa untuk mewujudkan tujuan bersikap dan berperilaku sosial dalam hidup bermasyarakat. Ketrampilan sosial dapat dikembangkan pada peserta didik jika dalam pelaksanaan pembelajaran, guru menerapkan pendekatan, model dan media pembelajaran yang tepat. Penelitian ini merupakan field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan mixed methods (metode kombinasi). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik pemerikasaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) reciprocal learning berbantu media cerita dan metrik ingatan pada pembelajaran IPS berbasis keunggulan lokal dapat diterapkan dalam menggembangkan ketrampilan sosial siswa, 2) terjadi pengembangan ketrampilan sosial pada siswa setelah diterapkannya reciprocal learning berbantu media cerita dan metrik ingatan pada pembelajaran IPS berbasis keunggulan lokal, dan 3) perbedaan individu terutama dalam kesiapan belajar yaitu siswa yang mengalami gangguan disabilitas intelektual, slow learner, disleksia, disgrafia, dan anak yang mempunyai kurangnya kerapian kurang merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan ketrampilan sosial pada pembelajaran IPS berbasis keunggulan lokal.

Tipe dokumen: Artikel
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan Sosial, Pembelajaran IPS, Keunggulan Lokal, Reciprocal Learning, Media Cerita, Metrik Ingatan
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 23 Jun 2015 01:32
Last Modified: 16 Feb 2017 15:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4468

Actions (login required)

View Item View Item