Meningkatkan Perkembangan Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah Dengan Metode Dongeng

Ahyani, Latifah Nur (2012) Meningkatkan Perkembangan Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah Dengan Metode Dongeng. Seminar Nasional Psikologi Islam. ISSN 978-602-96633-1-0

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (JPEG) (Cover)
Semnas_1.jpg - Published Version

Download (93kB)
[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
PDF (Hal. Depan)
hal._depan.pdf - Published Version

Download (274kB)
[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
artikel.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstrak

Anak-anak tumbuh dan berkembang dalam kehidupan yang diwarnai oleh pelanggaran terhadap hak orang lain, kekerasan, pemaksaan, ketidakpedulian, kerancuan antara benar dan salah, baik dan tidak baik, perilaku yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Kondisi ini menimbulkan keprihatinan dan hal tersebut dapat terjadi karena dalam semua aspek telah terjadi pengabaian terhadap bagian yang sangat mendasar yaitu nilai-nilai moral. Membangun kecerdasan moral sangat penting dilakukan agar suara hati anak bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah, sehingga mereka dapat menangkis pengaruh buruk dari luar. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menanamkan nilai-nilai moral kepada anak usia dini adalah dengan mendongeng. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui metode dongeng dalam meningkatkan perkembangan kecerdasan moral anak usia prasekolah. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah hipotesis pertama ada perbedaan tingkat pencapaian kecerdasan moral anak usia prasekolah antara yang mendapatkan penyampaian nilai-nilai moral melalui metode dongeng dengan yang tidak mendapatkan penyampaian nilai-nilai moral melalui metode dongeng, hipotesis kedua ada perbedaan tingkat pencapaian kecerdasan moral anak usia prasekolah sebelum mendapatkan penyampaian nilai-nilai moral melalui metode dongeng dan setelah mendapatkan penyampaian nilai-nilai moral melalui metode dongeng. Subjek penelitian adalah siswa TK B berusia 5 tahun. Jumlah subjek pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sama yaitu masing-masing 17 anak, 8 anak berjenis kelamin laki-laki dan 9 anak berjenis kelamin perempuan. Rancangan penelitian ini menggunakan model The Untreated Control Group Design with Pretest and Posttest. Desain ini menggunakan dua kelompok yang diamati yang terdiri dari satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Pengukuran dilakukan dua kali dengan menggunakan instrumen pengukuran kecerdasan moral yaitu sebelum diberikan perlakuan (pre-test) dan sesudah diberikan perlakuan (post-test). Hasil analisis dengan menggunakan teknik analisis covariance (anacova) menunjukkan hipotesis pertama dinyatakan diterima. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menyatakan bahwa ada perbedaan post-test yang signifikan pada level 0,05 antara kelompok yang mendapatkan metode dongeng dengan kelompok yang tidak mendapatkan metode dongeng dengan p = 0,00 (p < 0,05). Hasil analisis juga menunjukkan bahwa hipotesis kedua dinyatakan diterima. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menyatakan bahwa ada perbedaan nilai pre-test dan pos-test yang signifikan pada level 0,05 pada kelompok yang mendapatkan metode dongeng dengan p = 0,00 (p < 0,05). Hasil analisis menunjukkan besarnya sumbangan metode dongeng terhadap kecerdasan moral anak usia prasekolah adalah 34 %.

Item Type: Article
Kata Kunci: kecerdasan moral, metode dongeng, anak usia prasekolah
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi terapan
Program Studi: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Jul 2015 02:45
Last Modified: 16 Feb 2017 15:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4483

Actions (login required)

View Item View Item