THE USE OF MISTAKE BUSTER TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ GRAMMAR MASTERY (A Classroom Action Research Of Eght Grade Students Of Mts. NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus In Academic Year 2013/2014)

FUSHA, LINA (2015) THE USE OF MISTAKE BUSTER TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ GRAMMAR MASTERY (A Classroom Action Research Of Eght Grade Students Of Mts. NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus In Academic Year 2013/2014). Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (450kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (106kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (184kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (102kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (417kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (214kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (151kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (57kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (613kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran penting dalam ujian akhir nasional, khususnya di Sekolah Menengah Pertama. Mengingat hal tersebut, guru Bahasa Inggris harus menerapkan tehnik pembelajaran yang tepat dalam pengajaran Bahasa Inggris. Grammar merupakan salah satu komponen bahasa yang sangat penting dan harus dipelajari oleh siswa. Salah satunya adalah simple past tense. Dengan menguasai simple past tense para siswa akan mudah untuk menulis recount text dengan kata-kata mereka. Mistake buster technique adalah salah satu alternatif yang bisa digunakan dalam pengajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan penguasaan grammar para siswa. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan mistake buster sebagai tehnik pengajaran dalam pengajaran bahasa inggris. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan grammar siswa kelas delapan MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus tahun akademik 2013/2014 Mistake buster technique adalah tehnik yang membuat murid aktif dalam mengevaluasi kesalahan grammatikal yang dibuat oleh guru. Tehnik ini membuat para siswa aktif karena dalam penggunaan tehnik ini para siswa berperan sebagai “orang yang membenarkan kesalahan” yang umumnya dilakukan oleh guru, sedangkan para guru itu sendiri berperan sebagai “pembuat kesalahan”. Penulis melakukan penelitian tindakan kelas untuk memecahkan masalah penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus tahun akademik 2013/2014. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahap. meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Selain observasi dan test sebagai instrumen, Setelah menerapkan tehnik ini penulis uga menggunakan kuessioner untuk mengetahui respon para siswa setelah diajar menggunakan mistake buster tehnik. Persentasi nilai rata-rata pada kemampuan grammar siswa dalam menulis recount text pada siklus I adalah 68.6. Pada siklus II, persentasi nilai rata-rata pada penguasaan grammar dalam penulisan recount text adalah 78. Jadi, ada peningkatan nilai rata-rata kemampuan berbicara siswa antara siklus I dan II, yaitu sebesar 9.4. pada siklus I, ada banyak siswa yang belum aktif dalam proses belajar mengajar menggunakan mistake buster technique. Ada sedikit siswa yang merespon guru ketika guru menyuruh mereka untuk mengubah verb satu menjadi verb dua. Kondisi ini membuat para siswa kesulitan untuk menulis recount text dengan kata-kata mereka sendiri. Pada siklus II jumlah siswa yang aktif dalam proses belajar mengajar simple past tense menggunakan mistake buster technique meningkat dan hampir semua siswa mudah dalam merubah verb satu menjadi verb dua. Kondisi ini membuat para siswa mudah untuk menulis recount text. Hasil kuessioner menunjukkan bahwa setelah pengajaran menggunakan mistake buster tehnik adalah 60% siswa menyukai belajar bahasa inggris, 56% siswa semakin tertarik belajar grammar, 44% siswa lebih termotifasi dan aktif dalam pembelajaran grammar , 52% siswa sangat setuju bahwa mistake buster tehnik dapat membantu siswa untuk mengingat dalam mengubah verb satu menjadi verb dua, 12% siswa sangat setuju dan 12% siswa setuju bahwa mistake buster tehnik dapat membantu siswa menggunakan simple past tense menulis recount text. Mistake buster tehnik dapat meningkatkan penguasaan grammar siswa, jadi disarankan pada guru bahasa Inggris menggunakan mistake buster tehnik sebagai alternatif dalam pengajaran Bahasa inggris untuk meningkatkan penguasaan grammar para siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Muh. Syafei, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Grammar mastery, mistake buster technique
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 11 Aug 2015 04:07
Last Modified: 11 Aug 2015 04:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4549

Actions (login required)

View Item View Item