Recount Box: A Media In Teaching Speaking For The Eighth Graders Of Smp Muhammadiyah 1kudus In Academic Year 2014/2015

MUTTAQIN, ZAENAL (2015) Recount Box: A Media In Teaching Speaking For The Eighth Graders Of Smp Muhammadiyah 1kudus In Academic Year 2014/2015. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
PDF (Hal Judul)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (783kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
CHAPTER_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
CHAPTER_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
CHAPTER_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
CHAPTER_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
CHAPTER_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
CHAPTER_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
BIBLIOGRAPHY.pdf - Accepted Version

Download (153kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
APPENDICES.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Keterampilan berbicara merupakan hal penting dalam proses pengajaran bahasa. Pengajaran keterampilan berbicara di Indonesia tidak semudah yang dibayangkan. Masalah selalu muncul, diantaranya adalah kesalahan yang dibuat oleh siswa dalam pelafalan, ketepatan struktur kebahasaan, kosa-kata, kefasihan, dan pemahaman. Kondisi tersebut juga terjadi pada siswa di SMP Muhammadiyah 1 Kudus. Siswa mengalami kesulitan dalam kosa-kata, struktur kebahasaan, dan praktik berbicara dalam bahasa Inggris. Setelah melakukan menganalisa masalah, penulis berasumsi untuk menggunakan “Recount Box” sebagai media pengajaran berbicara dalam bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian kali ini adalah untuk mengetahui kemungkinan adanya perbedaan atas kemampuan keterampilan berbicara siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kudus tahun akademik 2014/2015 sebelum dan sesudah diajar menggunakan “Recount Box”. Populasi pada penelitian kali ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kudus tahun akademik 2014/2015 yang berjumlah 220 siswa yang mana terbagi menjadi tujuh kelas, setiap kelasnya terdiri dari kurang lebih 30 siswa. Penulis menggunakan kelas VIII A yang terdiri dari 32 siswa. Penulis menggunakan teknik pengambilan secara acak dengan mengambil undian. Bentuk penelitian eksperimental dengan model Pre-tes dan Paska-tes serta penggunaan “Recount Box” sebagai media pengajaran, digunakan oleh penulis dalam penelitian kali ini. Sedangkan, instrument yang digunakan adalah tes lisan yang pada akhir penelitian akan dianalisa menggunakan rumus t-tes. Hasil perhitungan t, t(hasil) adalah 12.28 pada tingkat signifikan 5% dan derajat bebas N-1, 32-1=31, dan t (tabel) pada 2.042. Angka 12.28, menunjukkan bahwa t(hasil) berada pada daerah kritis. Itu berarti hipotesis penelitian kali ini adalah H1, yang menyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan keterampilan berbicara siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kudus tahun akademik 2014/2015 sebelum dan sesudah diajar menggunakan “Recount Box”. Berdasarkan hasil diatas, “Recount Box” efektif untuk membantu siswa menceritakan kembali peristiwa yang pernah dialami dalam proses belajar mengajar. Selain itu media ini memberi kontribusi positif terhadap kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris siswa. Penulis menyarankan agar guru menggunakan “Recount Box” sebagai media pada pengajaran berbicara dalam bahasa Inggris dan dapat memotivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris lebih baik dari sebelumnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing : Rismiyanto, SS, M.Pd.
Kata Kunci: “Recount Box”, keterampilan berbicara, penelitian eksperimental.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 11 Aug 2015 04:41
Last Modified: 11 Aug 2015 04:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4556

Actions (login required)

View Item View Item