Readability Comparison Between Original And Simplified Version Of Novel Of David Copperfield By Charles Dickens

HANIF, MUHAMMAD (2015) Readability Comparison Between Original And Simplified Version Of Novel Of David Copperfield By Charles Dickens. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (702kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
CHAPTER_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
CHAPTER_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
CHAPTER_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
CHAPTER_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
CHAPTER_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
CHAPTER_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
BIBLIOGRAPHY.pdf - Accepted Version

Download (259kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Pada saat ini banyak para penulis dan penerbit menciptakan karangan yang berbentuk ringkasan (baik berupa buku, novel, koran dsb) untuk menarik lebih banyak konsumen serta membantupembaca untuk lebih mudah memahami isinya. Akan tetapi tidak semua ringkasan mampu menyentuh tingkat keterbacaan yang tepat dari target pembacanya. Keterbacaan merupakan ukuran tingkat pemahaman terhadap bacaaan. Keterbacaan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan kegiatan membaca sehingga seluruh pembaca harus memperhatikan faktor tersebutt Penelitianinibertujuanuntukmengukur,dan menganalisaserta membandingkantingkatketerbacaandariversiaslidanversiringkasandari novel David Copperfield karangan CharlesDickens.Cakupanpenelitianinidifokuskanpadaanalisatingkatketerbacaandari10paragrafpilihandarikedua noveltersebutdenganmenggunakan formulaFlesch Reading Ease dan formula GunningFOG.Kemudian,dalampenelitianinipenulismenggunakanmetodeanalisisdiskriptifyang bertujuanmendeskripsikanperbedaantingkatketerbacaanantaradua novel tersebut.Datadalampenelitianiniberupanilaiketerbacaan yang diperolehdariperhitungan formula keterbacaan.Penulismenggunakan formulaFlesch Reading EasedanGunning FOGsebagaiinstrumenuntukmenentukannilaiketerbacaandarimasing-masing novel tersebut. Hasil penelitian ini menujukan bahwa berdasarkan formula Flesch Reading Ease novel versi asli tergolong cukup sulit dan versi ringkasanya tergolong cukup mudah. Kemudian berdasarkan formula Gunning FOG novel versi asli tersebut tergolong sulit sedangkan versi ringkasanya tergolong cukup mudah. Berdasarkan hasil penelitian kualitatif ini, penulis menyimpulkan bahwa (1) novel versi asli tersebut termasuk kategori tingkatan sulit, (2) novel versi ringkasanya termasuk kategori tingkatan cukup mudah, dan (3) kedua novel tersebut memiliki tingkat keterbacaan yang berbeda dimana versi ringkasan dari novel tersebut lebih mudah terbaca dibandingkan versi aslinya. Sehingga penulis menyarankan kepada semua pembaca, peneliti dan pelajar untuk lebih memperhatikan aspek keterbacaan dari semua sumber bacaan yang mereka punyai dan lebih memperkaya baham bacaan mereka agar menjadi pembaca yang kritis.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing : Drs. Muh. Syafei, M.Pd
Kata Kunci: Keterbacaan, Novel VersiAsli, Novel VersiRingkasan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 11 Aug 2015 04:45
Last Modified: 11 Aug 2015 04:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4557

Actions (login required)

View Item View Item