Upaya Mengatasi Sikap Pesimis Dalam Mencapai Prestasi Belajar Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Reinforcement Pada Siswa Kelas Viii D Smp N 4 Demak Tahun Pelajaran 2014/2015

MULYANTI, DWI (2015) Upaya Mengatasi Sikap Pesimis Dalam Mencapai Prestasi Belajar Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Reinforcement Pada Siswa Kelas Viii D Smp N 4 Demak Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (828kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (189kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (301kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (547kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (940kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (204kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (98kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (98kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui antusias dan keaktifan dalam pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik reinforcement. (2) Untuk mengatasi sikap pesimis dalam mencapai prestasi belajar melalui layanan konseling kelompok dengan teknik reinforcement pada siswa kelas VIII D SMP N 4 Demak Tahun Pelajaran 2014/2015. Sikap pesimis dalam mencapai prestasi belajar merupakan suatu sikap yang penuh kekhawatiran dan ketidakyakinan dalam memperoleh hasil belajar serta tidak percaya diri dan merasa penuh kesulitan dalam mencapai prestasi belajar. Layanan konseling kelompok adalah layanan bimbingan dan konseling yang dilakukan dalam kelompok untuk membahas suatu permasalahan yang dibahas secara bersama-sama melalui dinamika kelompok agar dapat tercipta suasana yang nyaman di dalam kelompok. Teknik Reinforcement yaitu teknik untuk memberikan penguatan positif yang diberikan oleh guru kepada siswa ketika siswa telah melakukan atau mengerjakan suatu perbuatan atau tindakan yang baik dan positif. Hipotesis penelitian ini adalah: Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Reinforcement dapat Mengatasi Sikap Pesimis dalam Mencapai Prestasi Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP N 4 Demak Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas VIII D, sebanyak 8 siswa yang mempunyai sikap pesimis dalam mencapai prestasi belajar yang tinggi. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II). Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan setiap satu pertemuan membahas satu permasalahan dan satu topik dengan alokasi waktu 45 menit. Hasil penelitian pra siklus Sikap Pesimis dalam Mencapai Prestasi Belajar menunjukkan kategori sangat kurang dengan rata-rata skor 17,75. Siklus I mengalami peningkatan dalam mengatasi Sikap Pesimis dalam Mencapai Prestasi Belajar dengan kategori cukup dan jumlah rata-rata skor 26,45 yang berarti mengalami peningkatan rata-rata skor 8,7 dari pra siklus. Siklus II mengalami peningkatan dalam mengatasi Sikap Pesimis dalam Mencapai Prestasi Belajar dalam kategori baik dengan rata-rata skor 38,20 terjadi peningkatan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 11,75. Peningkatan aktivitas siswa dalam Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Reinforcement mengalami peningkatan pada Siklus I skor rata-rata 48,75 dalam kategori Kurang dan pada Siklus II skor rata-rata 75,54 dalam kategori Baik. Simpulan hasil penelitian ini adalah Terjadi Peningkatan dalam Mengatasi Sikap Pesimis Mencapai Prestasi Belajar mulai dari Pra Siklus skor rata-rata 17,75 kategori Sangat Kurang, Siklus I skor rata-rata 26,45 dalam kategori Cukup dan Siklus II skor rata-rata 38,20 dalam kategori Baik. Hasil penelitian aktivitas siswa pada Siklus I skor rata-rata 48,75 (Kurang) dan pada Siklus II skor rata-rata 75,54 (Baik). Dengan demikian Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Reinforcement efektif untuk mengatasi Sikap Pesimis dalam Mencapai Prestasi Belajar. Disarankan kepada: 1. Kepala Sekolah agar lebih memperhatikan siswa yang bersikap pesimis dalam mencapai prestasi belajar. 2. Kepada Guru Pembimbing, agar dapat membantu siswa dalam mengatasi sikap pesimis dalam mencapai prestasi belajar melalui layanan konseling kelompok dengan teknik reinforcement sesuai dengan kebutuhan siswa. 3. Kepada Siswa, agar dapat menjadikan pembelajaran dan pengetahuan agar memahami layanan konseling kelompok yang telah diberikan khususnya untuk mengatasi sikap pesimis dalam mencapai prestasi belajar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons.
Uncontrolled Keywords: Sikap Pesimis dalam Mencapai Prestasi Belajar, Layanan Konseling Kelompok Teknik Reinforcement
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 12 Aug 2015 04:43
Last Modified: 12 Aug 2015 04:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4574

Actions (login required)

View Item View Item