Upaya Meningkatkan Self Esteem Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Pada Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma 1 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015

NI’MAH, RIAYATUN (2015) Upaya Meningkatkan Self Esteem Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Pada Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma 1 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (955kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (231kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (531kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (531kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (960kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (313kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (167kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (192kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan tingkat harga diri (self esteem) pada siswa kelas XI IPS 1 sebelum dan sesudah dilakukan konseling kelompok dengan teknik assertive training. (2) Untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan pada harga diri (self esteem) pada siswa kelas XI IPS 1 setelah diberi layanan konseling kelompok teknik assertive training. Self esteem (harga diri) merupakan salah kebutuhan dasar yang dimiliki oleh manusia yang didapatkan dari dua aspek yaitu harga diri yang didapat dari diri sendiri dan harga diri yang diperoleh dari orang lain. Kedua aspek tersebut juga sangat berkaitan sekali karena apabila seseorang ingin dihargai oleh orang lain maka seseorang itu harus menghargai dirinya sendiri. Konseling kelompok merupakan salah satu layanan dalam bimbingan dan konseling yang dapat digunakan untuk memberikan upaya pengentasan masalah yang dihadapi oleh siswa atau klien dengan memanfaatkan dinamika kelompok. Assertive training adalah salah satu teknik dalam pendekatan behavioritik yang bertujuan untuk memberikan keterampilan bagi seseorang yang mengalami kesulitan dalam mengatakan tidak dan bagi mereka yang sulit untuk mengungkapkan perasaan, sikap dan keyakinan yang dianggapnya benar secara tegas dan lugas kepada orang lain tanpa melanggar hak-hak orang lain. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training dapat Meningkatkan Self Esteem Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA 1 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015 Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling yang dilaksanakan di kelas XI IPS 1 SMA 1 Jekulo Kudus dengan subjek penelitian 8 orang siswa yang mempunyai tingkat self esteem (harga diri) yang rendah. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah konseling kelompok dengan teknik assertive training sedangkan variabel terikatnya yaitu self esteem. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data jenis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pra siklus self esteem yang dimiliki oleh 8 siswa kelas XI IPS 1 menunjukkan kategori kurang (K) dengan rata-rata skor 23,25 dengan jumlah persentase sebesar 46,5%. Pada siklus I telah terjadi peningkatan pada self esteem yang dimiliki oleh siswa yang ditunjukkan dengan perolehan kategori cukup (C) dengan jumlah persentase sebesar 55% yang berarti terdapat peningkatan sebesar 8,5% dari hasil pra siklus. Siklus II tingkat self esteem yang dimiliki oleh siswa menjadi lebih baik lagi dari hasil pada siklus I sebelumnya. Hal itu ditunjukkan dengan diperolehnya kategori baik (B) dengan jumlah persentase 72,4% yang berarti terdapat peningkatan sebesar 17,4% dari hasil perolehan siklus I. Peningkatan terhadap situasi dan kondisi pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training pada siklus I mendapatkan jumlah persentase sebesar 50% dengan kategori nilai kurang (K). Siklus II mendapatkan jumlah persentase sebesar 81,3% dengan kategori nilai baik (B). Dengan demikian maka telah terjadi peningkatan sebesar 31,3% dari siklus I sampai siklus II.Berdasarkan hasil penelitian tindakan bimbingan dan konseling yang dilakukan pada siswa kelas XI IPS 1 SMA 1 Jekulo Kudus maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training dapat meningkatkan self esteem pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Untuk itu disarankan kepada: (1) Kepala Sekolah, diharapkan dapat memberikan fasilitas baik sarana maupun prasarana yang dapat mendukung pelaksanaan program layanan bimbingan konseling seperti layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training untuk meningkatkan self esteem siswa agar dapat berjalan dengan baik. (2) Guru BK diharapakan dapat memberikan layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training untuk meningkatkan self esteem siswa secara intensif agar pemberian layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan siswa agar potensi yang dimiliki oleh siswa dapat berkembang secara optimal.(3) Bagi siswa diharapkan dengan adanya layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan self esteem (harga diri) mereka, sehingga siswa menjadi pribadi yang lebih baik dengan memiliki harga diri yang tinggi.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Sunardi,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Self Esteem, Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 12 Aug 2015 05:36
Last Modified: 12 Aug 2015 05:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4577

Actions (login required)

View Item View Item