Layanan Informasi Dengan Teknik Simulasi Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Pergaulan Positif Remaja Pada Siswa Kelas Xi Ap1 Smk Muhammadiyah 1 Keling Tahun Pelajaran 2014/2015

SUKADARWATI, SRI (2015) Layanan Informasi Dengan Teknik Simulasi Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Pergaulan Positif Remaja Pada Siswa Kelas Xi Ap1 Smk Muhammadiyah 1 Keling Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (966kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (952kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (953kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan pemahaman siswa tentang pergaulan positif remaja sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi dengan teknik simulasi berbantuan media audio visual, (2) Memperoleh peningkatan pemahaman tentang pergaulan positif remaja melalui layanan informasi dengan teknik simulasi berbantuan media audio visual pada siswa kelas XI AP1 SMK Muhammadiyah 1 Keling Tahun Pelajaran 2014/2015. Layanan informasi adalah suatu layanan bimbingan dan konseling yang digunakan untuk membekali para siswa tentang berbagai macam pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan siswa, agar mampu mengambil suatu keputusan yang tepat dalam kehidupannya. Teknik simulasi adalah suatu kegiatan atau latihan keterampilan yang menggambarkan atau mewakili keadaan yang sebenarnya. Media audio visual merupakan kombinasi audio dan visual yang penggunaan materi dan penerapannya melalui pandangan dan pendengaran atau bisa di sebut media pandang dan media dengar. Pergaulan positif remaja merupakan hubungan antar remaja yang tidak terjebak dalam dua kutub yang ekstrim, yaitu terlalu sensitif (menutup diri) atau terlalu bebas yang lebih menekankan pada hal-hal yang positif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling yang dilaksanakan di kelas XI AP1 SMK Muhammadiyah 1 Keling dengan subjek penelitian 30 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus (siklus I dan siklus II), setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Setiap pertemuan membahas satu materi dengan alokasi waktu 90 menit. Variabel Bebas adalah Layanan Informasi Dengan Teknik Simulasi Berbantuan Media Audio Visual. Sedangkan Variabel Terikat adalah Pergaulan Positif Remaja. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pra siklus dengan mengamati 10 aspek mengenai pemahaman tentang pergaulan positif remaja pada siswa kelas XI AP1 memperoleh skor 525 dengan prosentase 35% dalam kategori sangat kurang (SK). Pada siklus I secara keseluruhan mendapat rata-rata prosentase 56,9% dalam kategori cukup (C). Kemudian pada siklus II mendapatkan rata-rata prosentase 77,4% dalam kategori baik (B), dengan jumlah peningkatan 20,5%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan bimbingan dan konseling, maka dapat di simpulkan bahwa penggunaan layanan informasi dengan teknik simulasi berbantuan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman tentang pergaulan positif remaja pada siswa kelas XI AP1 SMK Muhammadiyah 1 Keling tahun pelajaran 2014/2015. Untuk itu disarankan kepada: (1) Kepala Sekolah, diharapkan hasil penelitian ini digunakan sebagai dasar kebijakan untuk mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling terutama dalam upaya meningkatkan pemahaman tentang pergaulan positif remaja pada siswa SMK Muhammadiyah 1 Keling, (2) Guru Pembimbing, diharapkan dapat memaksimalkan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah, terutama layanan informasi yang dipergunakan sebagai bahan kajian agar dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman tentang pergaulan positif remaja, (3) Siswa, diharapkan dapat memperbaiki sikapnya dengan pemahaman yang telah diberikan serta dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dalam kehidupannya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Sumarwiyah, M.Pd., Kons.
Uncontrolled Keywords: Pergaulan Positif Remaja, Layanan Informasi Dengan Teknik Simulasi Berbantuan Media Audio Visual
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 12 Aug 2015 05:47
Last Modified: 12 Aug 2015 05:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4579

Actions (login required)

View Item View Item