Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Pembelajaran Pkn Materi Globalisasi Siswa Kelas Iv Sd N Pucakwangi 03 Pati

RISKIANINGRUM, DESTIA (2015) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Pembelajaran Pkn Materi Globalisasi Siswa Kelas Iv Sd N Pucakwangi 03 Pati. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (477kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (192kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (273kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (607kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (242kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (164kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar pustaka) - Accepted Version
Download (117kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (32MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Latar belakang penelitian ini yaitu hasil belajar PKn siswa di kelas IV SD N Pucakwangi 03 Pati masih rendah. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dan aktivitas belajar PKn materi globalisasi siswa kelas IV melalui penerapan model pembelajaran Make A Match, serta mengetahui peningkatan hasil belajar PKn materi Globalisasi siswa kelas IV melalui penerapan model pembelajaran Make A Match. Model pembelajaran Make A Match merupakan model pembelajaran mencari pasangan dengan permainan kartu. Pada model pembelajaran ini, siswa dapat memahami suatu konsep materi dengan mencari pasangan yang sesuai dalam suasana yang aktif dan menyenangkan. Hipotesis yang diajukan adalah penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan keterampilan guru dan aktivitas belajar siswa, serta penerapan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn materi globalisasi di kelas IV SD N Pucakwangi 03 Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD N Pucakwangi 03 Pati dengan subyek penelitian 21 siswa. Prosedurnya meliputi 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas yang diteliti yaitu model pembelajaran Make a Match, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa materi globalisasi siswa kelas IV SDN Pucakwangi 03 Pati. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model Make A Match dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar PKn siswa. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I persentase 77,77% menjadi 84,72% dan pada siklus II persentase 86,11% menjadi 90,27% dengan kriteria minimal baik; (2) Peningkatan hasil belajar afektif dan psikomotorik dilihat dari peningkatan kriteria aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II yaitu dari 74,35% menjadi 87,5% dengan kriteria minimal baik; dan (3) Peningkatan hasil belajar dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I ke siklus II yaitu 77,38 menjadi 88,33 dan persentase klasikal siswa dari 66,67% menjadi 95,24%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model make a match dapat meningkatkan pembelajaran PKn materi globalisasi pada siswa kelas IV SDN Pucakwangi 03 Pati tahun pelajaran 2014/2015. Saran dalam penelitian ini, siswa hendaknya lebih aktif dan semangat dalam pembelajaran. Guru hendaknya menerapkan model pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan agar siswa tidak bosan. Bagi kepala sekolah hendaknya memberi kesempatan kepada guru-guru agar aktif mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan guru.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs.Sucipto,M.PD.,Kons
Uncontrolled Keywords: Make A Match, Hasil Belajar, Globalisasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 08 Sep 2015 05:31
Last Modified: 08 Sep 2015 05:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4615

Actions (login required)

View Item View Item