Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Kegiatan Ekonomi Pada Siswa Kelas Iv Sd 5 Karangbener Kudus

LUTHFIYAH, - (2015) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Kegiatan Ekonomi Pada Siswa Kelas Iv Sd 5 Karangbener Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (492kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (218kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (392kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (563kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (230kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (206kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (202kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Make A Match dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi pada siswa kelas IV SD 5 Karangbener Kudus. Hasil belajar adalah kemampuan keterampilan dan sikap yang dimiliki siswa setelah ia menerima perlakuan yang diberikan oleh guru sehingga dapat mengkonstruksikan pengetahuan itu dalam kehidupan sehari-hari. Make A Match merupakan model pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar berkelompok dengan cara berpasang-pasang dengan temannya sendiri. Masing-masing siswa mendapatkan satu buah kartu yang berisi kartu soal ataupun kartu jawaban. Setelah masing-masing siswa mendapatkan kartu tersebut, mereka kemudian mencari pasangan kartunya. Bagi siswa yang menemukan pasangan kartunya dengan tepat dan benar, langsung dipersentasikan didepan kelas. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi bagi siswa kelas IV SD 5 Karangbener Kudus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dikelas IV SD 5 Karangbener Kudus dengan subjek penelitian 23 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model Make A Match. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi dan tes. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD 5 Karangbener Kudus pada materi kegiatan ekonomi yang cukup signifikan. Hasil belajar ranah kognitif siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 73,92% dan siklus II sebesar 86,96%. hasil belajar ranah afektif siklus I sebesar 62,45% dengan kualifikasi cukup dan siklus II sebesar 89,19% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar ranah psikomotor siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 65,04% dengan kualifikasi baik dan siklus II sebesar 88,77% dengan kualifikasi sangat baik. Keterampilan guru mengelola pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 83,04% dengan kualifikasi baik menjadi 93,755% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Make A Match dapat meningktakan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi pada kelas IV SD 5 Karangbener Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 5 Karangbener Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi pada siswa kelas IV SD 5 Karangbener Kudus. Untuk itu disarankan dalam penerapan model Make A Match, guru harus mempersiapkan dengan matang, memberikan soal-soal yang menantang untuk dipecahkan bersama.dan mengatur alokasi waktu dengan sangat teliti disetiap langkah proses pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Masturi, M.M
Uncontrolled Keywords: Make A Match, Hasil Belajar, Kegiatan Ekonomi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 08 Sep 2015 05:34
Last Modified: 08 Sep 2015 05:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4616

Actions (login required)

View Item View Item