Penerapan Model Numbered Heads Together Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Make A Match, Hasil Belajar, Globalisasi

PURI LEKSANA, ANDINI (2015) Penerapan Model Numbered Heads Together Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Make A Match, Hasil Belajar, Globalisasi. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (325kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (73kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (192kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (129kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (663kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (108kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (52kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (53kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model Numbered Heads Together berbantuan media gambar dalam meningkatkan keterampilan mengajar guru kelas IV SD 1 Lau pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV semester 2 SD 1 Lau pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui model Numbered Heads Together berbantuan media gambar. Model Numbered Heads Together (NHT) adalah model diskusi kelompok dengan pemberian nomor pada tiap anggota dalam kelompok, yang terdiri dari fase 1: penomoran, fase 2: mengajukan pertanyaan, fase 3: berpikir bersama dan fase 4: menjawab. Sedangkan media gambar adalah media yang hanya dapat dilihat dan tidak mengandung unsur suara seperti gambar, lukisan, foto, dan sebagainya. Media gambar yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah gambar buah apel, pizza, telur dadar dan kue. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Lau dengan subjek penelitian 15 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Numbered Heads Together. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yakni lembar observasi guru dan hasil belajar siswa ranah afektif dan psikomotor, pedoman wawancara, dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan guru dalam mengajar dari rata-rata 74,9% dengan kriteria baik pada siklus I menjadi 86,6% dengan kriteria sangat baik pada siklus II. Adanya peningkatan hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. 1) Peningkatan hasil belajar ranah kognitf dilihat dari peningkatan rata-rata kelas pada siklus I 72,7 menjadi 78,1 pada siklus II dan ketuntasan klasikal naik dari 67% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II. 2) Peningkatan hasil belajar siswa ranah afektif dari rata-rata 66,1% dengan kriteria baik pada siklus I menjadi 78,3% dengan kriteria baik pada siklus II. 3) Peningkatan hasil belajar ranah psikomotorik dari rata-rata 65,05 dengan kriteria baik pada siklus I menjadi 78,1 dengan kriteria baik pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Numbered Heads Together berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD 1 Lau Dawe Kudus. Peneliti menyampaikan beberapa saran sebagai berikut. 1) Alokasi waktu pada setiap langkah pembelajaran Numbered Heads Together harus lebih diperhatikan oleh guru. 2) Pada saat mengikuti proses pembelajaran hendaknya siswa memperhatikan dengan sungguh-sungguh. 3) Sekolah hendaknya memberikan kebijakan penyediaan sarana yang dapat mendukung proses pembelajaran dengan baik. 4) Peneliti yang hendak menerapkan model yang sama, sebaiknya lebih mengasah keterampilan mengelola kelas agar mampu mengkondisikan kelas tetap kondusif untuk belajar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together, Media Gambar, Pembelajaran Matematika.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 08 Sep 2015 05:57
Last Modified: 08 Sep 2015 05:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4618

Actions (login required)

View Item View Item