UPAYA MENINGKATKAN SIKAP ANTI KORUPSI PADA SISWA KELAS X-3 SMA 1 JEKULO KUDUS MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA

PRATEKTO, HENDRIK (2015) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP ANTI KORUPSI PADA SISWA KELAS X-3 SMA 1 JEKULO KUDUS MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (452kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (196kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (289kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (614kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (626kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (299kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (257kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (121kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Meningkatnya sikap anti korupsi setelah memperoleh layanan informasi dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas X-3 SMA 1 Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2014/2015, 2. Untuk mengetahui tindakan peneliti dalam melaksanakan layanan informasi dengan teknik sosiodrama kepada siswa kelas X-3 SMA 1 Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2014/2015. Sikap anti korupsi merupakan reaksi penolakan atau ketidaksetujuan terhadap perbuatan yang tidak baik, buruk, curang, dapat disuap, tidak bermoral, menyimpang dari kesucian, melanggar norma-norma agama, material, mental dan umum. Untuk mewujudkan pemahaman mengenai sikap anti korupsi peneliti berupaya meningkatkan sikap anti korupsi melalui layanan informasi dengan teknik sosiodrama. Masalah penelitian ini adalah Bagaimana Layanan Informasi dengan Teknik Sosiodrama dapat Meningkatkan Sikap Anti Korupsi Pada Siswa Kelas X-3 SMA 1 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015? Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas X-3, sebanyak 40 siswa yang mempunyai sikap anti korupsi kurang atau rendah. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah layanan informasi dengan teknik sosiodrama sedangkan variabel terikatnya yaitu sikap anti korupsi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data jenis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pra siklus pemahaman sikap anti korupsi menunjukkan kategori kurang dengan skor rata-rata 21 (42%). Siklus I pada aspek sikap anti korupsi mengalami peningkatan dalam kategori kurang dengan skor rata-rata 26,4 (52%) yang berarti mengalami peningkatan rata-rata skor 5,4 dari pra siklus. Siklus II sikap anti korupsi dalam kategori baik dengan rata-rata 36,3 (72%) yang berarti ada peningkatan 10 dari siklus I. Peningkatan hasil observasi kolaborator terhadap peneliti dalam pemberian layanan informasi mengalami peningkatan pada Siklus I skor rata-rata 57% dalam kategori cukup dan pada Siklus II mendapat skor 85% dalam kategori sangat baik. Simpulan hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan pemahaman sikap anti korupsi mulai dari Pra Siklus skor rata-rata 21 (42%) kategori kurang, Siklus I skor rata-rata 26,4 (52%) dalam kategori cukup dan siklus II skor rata-rata 36,3 (72%) dalam kategori baik. Hasil penilaian kolaborator terhadap tindakan peneliti pada Siklus I skor rata-rata 57% dalam kategori kurang dan Siklus II skor rata-rata 85% dalam kategori sangat baik. Dengan demikian layanan informasi dengan teknik sosiodrama disarankan kepada: 1. Kepada Kepala Sekolah, kepala sekolah dapat memanfaatkan sebagai kontribusi dalam menentukan kebijakan dalam rangka meningkatkan mutu bimbingan dan konseling. 2. Kepada Guru BK, sebagai acuan untuk membantu memberikan alternatif dalam mengarahkan siswa untuk meningkatkan siskap anti korupsi melalui layanan informasi dengan teknik sosiodrama. 3. Kepada Siswa, siswa dapat menyadari pentingnya sikap anti korupsi dan berperan dalam mengurangi dan memberantas korupsi.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Drs.Masturi,MM
Uncontrolled Keywords: Sikap Anti Korupsi. Layanan Informasi dengan Teknik Sosiodrama
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 09 Sep 2015 01:51
Last Modified: 09 Sep 2015 01:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4635

Actions (login required)

View Item View Item