MANGESTU YOHANI, ANGGER (2015) UPAYA MEREDUKSI PERILAKU BULLYING PADA TEMAN SEBAYA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK STIMULUS CONTROL DI SMP NEGERI 2 PATI. Update Test thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.
Preview |
PDF (Hal.Judul)
HAL_DEPAN.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (991kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (997kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan perilaku Bullying dalam Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Stimulus Control, dan mendeskripsikan keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Stimulus Control untuk mereduksi perilaku Bullying siswa kelas VIII F SMPN 2 Pati. Perilaku bullying pada teman sebaya adalah tindakan penggunaan kekuasaan atau kekuatan untuk menyakiti seseorang atau sekelompok orang sehingga korban merasa tertekan, trauma dan tak berdaya. Teknik stimulus control adalah cara-cara mengurangi stimulus yang berhubungan dengan perilaku yang tidak dikehendaki dan secara simultan meningkatkan anteseden cues yang berhubungan dengan perilaku yang diharapkan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VIII F SMP N 2 Pati dengan subyek penelitian 8 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu perlilaku bullying sebagai variabel terikat dan bimbingan kelompok sebagi variabel bebas. Analisis data dalam penelitian ini bersifat analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pelaksanaan bimbingan kelompok dapat menurunkan perilaku bullying siswa. Pada kondisi awal pra siklus hasil observasi mengenai perilaku bullying diperoleh rata-rata persentase sebesar 94% dengan kategori sangat tinggi. Pada siklus I perilaku bullying siswa mengalami penurunan yaitu rata-rata persentase sebesar 79,56% dengan kategori tinggi. Pada siklus II mengalami penurunan menjadi kategori cukup dengan perolehan rata-rata persentase sebesar 56,32% dan menunjukkan perubahan perilaku bahwa siswa sudah tidak lagi mengganggu, suka memeras, mengancam, bermusuhan, berlaku kasar terhadap teman, kebiasaan hidup berkelompok, panggilan yang kurang menyenangkan terhadap teman, pelecahan, melakukan cyber bullying dan memanipulasi persahabatan. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa Layanan bimbingan kelompok dengan teknik stimulus control dapat mereduksi perilaku bullying siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Pati tahun pelajaran 2014/2015. Dari hasil penelitian tersebut maka hipotesis “melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik stimulus control efektif dalam mereduksi tingkat perilaku bullying pada teman sebaya siswa kelas VIIISMP Negeri 2 Pati tahun ajaran 2014/2015” dapat diterima karena memenuhi kriteria indikator keberhasilan ≤ 70%, artinya keberhasilan diperoleh apabila dalam memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik stimulus control siswa telah mencapai ≤ 70% (baik). Hal ini menunjukkan bahwa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik stimulus control sudah terjadi perubahan perilaku bullying pada siswa ke arah yang lebih baik. Saran yang diberikan: 1. Kepala sekolah dapat memfasilitasi sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan layanan bimbingan kelompok. 2. Guru BK diharapkan dapat menerapkan langkah-langkah teknik stimulus control secara benar, sehingga diharapkan siswa mampu menemukan respon yang tepat untuk mengurangi perilaku bullying. 3. Siswa diharapkan dapat menindaklanjuti dan mengubah perilaku yang negatif menjadi perilaku yang positif agar siswa mampu berkembang menjadi pribadi yang baik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing :Dra.Sumarwiyah,M.Pd,Kons |
Kata Kunci: | Perilaku Bullying, Layanan Bimbingan Kelompok, Stimulus Control. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 09 Sep 2015 02:38 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 02:38 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4643 |
Actions (login required)
View Item |