Penerapan Model Think Pair Share Untuk Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Globalisasi Kelas Iv Sd 2 Piji Dawe Kudus

ZUMROTUN, - (2015) Penerapan Model Think Pair Share Untuk Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Globalisasi Kelas Iv Sd 2 Piji Dawe Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (275kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (417kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (610kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (447kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (109kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (197kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (21MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah, dikarenakan pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan materi globalisasi dengan diterapkannya model Think Pair Share di kelas IV SD 2 Piji Dawe Kudus; (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan materi globalisasi dengan diterapkannya model Think Pair Share di kelas IV SD 2 Piji Dawe Kudus; dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan materi globalisasi dengan diterapkannya model Think Pair Share di kelas IV SD 2 Piji Dawe Kudus. Model Think Pair Share merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang membuat siswa dapat aktif bersama pasangannya. Model ini terdiri dari 3 tahap, yaitu (1) berpikir, siswa berpikir, mencari jawaban, dan merespon pertanyaan guru; (2) berpasangan, siswa bekerjasama dan berdiskusi bersama pasangan untuk menentukan jawaban atas pertanyaan guru; dan (3) berbagi, siswa membagi hasil diskusi kepada teman dalam satu kelas. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini, yaitu peneliti sebagai guru dan 16 siswa kelas IV SD 2 Piji Dawe Kudus. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model Think Pair Share, dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini, yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi, lembar kegiatan siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif berdasarkan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I sebesar 77,06% dengan kategori baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 82,36% dengan kategori baik (B). Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dari siklus I sebesar 78,33% dengan kategori baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 85% dengan kategori baik (B). Ketuntasan hasil belajar kognitif dari siklus I sebesar 58,82% dengan kriteria sedang, meningkat pada siklus II menjadi 82,35% dengan kriteria sangat tinggi. Persentase hasil belajar afektif dari siklus I sebesar 81,03% dengan kategori baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 86,32% dengan kategori sangat baik (B). Persentase hasil belajar psikomotorik dari siklus I sebesar 73,09% dengan kategori baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 78,38% dengan kategori baik (B). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi globalisasi Kelas IV SD 2 Piji Dawe Kudus. Saran peneliti yaitu guru sebaiknya merancang pembelajaran yang inovatif, seperti model Think Pair Share; siswa sebaiknya melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan instruksi yang disampaikan guru; sekolah memberikan dukungan dan fasilitas kepada guru untuk berinovasi dalam melaksanakan proses pembelajaran; dan peneliti sebaiknya mengadakan penelitian sejenis yang melibatkan variabel lain

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 09 Sep 2015 04:16
Last Modified: 09 Sep 2015 04:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4650

Actions (login required)

View Item View Item