Implementasi Model Course Review Horay (Crh) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Sd 5 Karangbener

SAADAH, UMMI (2015) Implementasi Model Course Review Horay (Crh) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Sd 5 Karangbener. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (566kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (287kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (581kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (609kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (692kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (283kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (200kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (255kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar melalui penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada siswa kelas V SD 5 Karangbener. Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya (kognitif, afektif, dan psikomotor). Model pembelajaran Course Review Horay adalah model pembelajaran yang diterapkan untuk menguji pemahaman konsep siswa secara kelompok dengan suasana yang meriah dan menyenangkan. Siswa membuat kartu lalu menjawab soal yang dibacakan guru ke dalam kartu sesuai dengan nomor soal yang dibacakan. Soal kemudian didiskusikan bersama dan siswa yang menjawab benar berteriak hore atau menyanyikan yel-yelnya. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah implementasi model Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan guru pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar kelas V SD 5 Karangbener. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD 5 Karangbener Kudus dengan subjek penelitian 19 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Course Review Horay (CRH). Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa pada materi sifat-sifat bangun datar yang cukup signifikan. Hasil belajar ranah kognitif siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 68,42% dan siklus II sebesar 84,21%. Hasil belajar ranah afektif siklus I sebesar 63,36% dengan kualifikasi cukup dan siklus II sebesar 88,43% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar ranah psikomotor siklus I sebesar 62,99% dengan kualifikasi cukup dan siklus II sebesar 89,56% dengan kualifikasi sangat baik. Keterampilan guru mengelola pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 80,15% dengan kualifikasi baik menjadi 94,12% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Hal itu membuktikan bahwa implementasi model Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V SD 5 Karangbener. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 5 Karangbener dapat disimpulkan bahwa implementasi model Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V SD 5 Karangbener. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Course Review Horay (CRH), guru harus mempersiapkan dengan matang memberikan soal-soal yang menantang untuk dipecahkan bersama, memberikan penghargaan yang menarik bagi kelompok yang menjawab benar, dan mengatur alokasi waktu dengan sangat teliti pada tiap langkah-langkahnya agar pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan efektif.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Masturi, M.M
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay (CRH), Hasil Belajar, Sifat-Sifat Bangun Datar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 09 Sep 2015 05:03
Last Modified: 09 Sep 2015 05:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4656

Actions (login required)

View Item View Item