CAHYA KUSUMA, GITA (2015) Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tema Lingkungan Menggunakan Media Benda Konkrit Kelas Ii Sd 3 Bulungcangkring. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (664kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (68kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (798kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (97kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (31kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (40kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikadanketerampilanmengajar guru melaluipenerapan model Discovery Learningmenggunakan media bendakonkritkelas II SD 3 Bulungcangkring. Penerapan model pembelajaranDiscovery Learning menggunakan media bendakonkrityaitupembelajaran dimanasiswadimintamenemukanbeberapakonsepdanprinsippadasuatupermasalahan.Siswaharusmengarahkanseluruhpikirandanketerampilannyauntuktemuan-temuanmasalahmelalui proses penyidikan. Guru hanyamembimbingdanmemberikaninstruksikepadasiswauntukmencarijawabansetelahitumenyuruhsiswamempresentasikanhasilnya di depankelas. Proses pembelajaranakanlebihbermaknabagisiswasehinggakonsepdasarinitidakcepathilang. Denganmenggunakanbendakonkritkualitaspembelajaransiswaakanmeningkatkarenasiswatidakhanyabelajartapijugamemperolehpengetahuanmelaluiketerampilan. Hipotesistindakanyaituterjadipeningkatanhasilbelajarmatematikadanpeningkatanketerampilanmengajar guru dalampembelajaranmatematika. PenelitiandirancangmenggunakanPenelitianTindakanKelasdalamduasiklus.Subyekpenelitiansiswakelas II SD 3 Bulungcangkringberjumlah 28 siswa.Teknikpengumpulan data menggunakanwawancara, observasi, tesdandokumentasi.Instrumenpenelitianberupapedomanwawancara, lembarobservasi, soaltesdandokumentasi. Teknikanalisis data menggunakananalisis data kuantitatifdankualitatif.Penelitiandianggapberhasiljikanilai rata-rata kognitifsiswapadamateribangundatarsederhanamencapai ≥70 denganpersentaseketuntasanklasikal ≥75%, hasilbelajarranahafektifdanpsikomotorikmencapaikategori minimal baikdanketerampilanmengajar guru meningkatmencapaikategori minimal baik. Hasilpenelitianranahkognitif, kondisiawalketuntasanhasilbelajarsiswa (35,71%), siklus I (64,29%), dansiklus II (89,23%). Hasilbelajarsiswaranahafektifsiklus I (58,14%), siklus II (84,71%). Hasilbelajarsiswaranahpsikomotoriksiklus I (73,13%) siklus II (82,77%). Sedangkanketerampilan guru dalammengajarsiklus I (74,21%), siklus II (87,89%). Simpulanpadapenelitianinimenunjukkanbahwapenerapan model Discovery Learningmenggunakan media bendakonkritdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaranahkognitifpadapembelajaranMatematikamateribangundatarsederhanakelas
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Masturi,M.M. |
Kata Kunci: | Discovery Learning, Media Benda Konkrit, MatematikaBangunDatar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 09 Sep 2015 05:47 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 05:47 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4663 |
Actions (login required)
View Item |