Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tema Lingkungan Menggunakan Media Benda Konkrit Kelas Ii Sd 3 Bulungcangkring

CAHYA KUSUMA, GITA (2015) Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tema Lingkungan Menggunakan Media Benda Konkrit Kelas Ii Sd 3 Bulungcangkring. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (664kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (798kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (40kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikadanketerampilanmengajar guru melaluipenerapan model Discovery Learningmenggunakan media bendakonkritkelas II SD 3 Bulungcangkring. Penerapan model pembelajaranDiscovery Learning menggunakan media bendakonkrityaitupembelajaran dimanasiswadimintamenemukanbeberapakonsepdanprinsippadasuatupermasalahan.Siswaharusmengarahkanseluruhpikirandanketerampilannyauntuktemuan-temuanmasalahmelalui proses penyidikan. Guru hanyamembimbingdanmemberikaninstruksikepadasiswauntukmencarijawabansetelahitumenyuruhsiswamempresentasikanhasilnya di depankelas. Proses pembelajaranakanlebihbermaknabagisiswasehinggakonsepdasarinitidakcepathilang. Denganmenggunakanbendakonkritkualitaspembelajaransiswaakanmeningkatkarenasiswatidakhanyabelajartapijugamemperolehpengetahuanmelaluiketerampilan. Hipotesistindakanyaituterjadipeningkatanhasilbelajarmatematikadanpeningkatanketerampilanmengajar guru dalampembelajaranmatematika. PenelitiandirancangmenggunakanPenelitianTindakanKelasdalamduasiklus.Subyekpenelitiansiswakelas II SD 3 Bulungcangkringberjumlah 28 siswa.Teknikpengumpulan data menggunakanwawancara, observasi, tesdandokumentasi.Instrumenpenelitianberupapedomanwawancara, lembarobservasi, soaltesdandokumentasi. Teknikanalisis data menggunakananalisis data kuantitatifdankualitatif.Penelitiandianggapberhasiljikanilai rata-rata kognitifsiswapadamateribangundatarsederhanamencapai ≥70 denganpersentaseketuntasanklasikal ≥75%, hasilbelajarranahafektifdanpsikomotorikmencapaikategori minimal baikdanketerampilanmengajar guru meningkatmencapaikategori minimal baik. Hasilpenelitianranahkognitif, kondisiawalketuntasanhasilbelajarsiswa (35,71%), siklus I (64,29%), dansiklus II (89,23%). Hasilbelajarsiswaranahafektifsiklus I (58,14%), siklus II (84,71%). Hasilbelajarsiswaranahpsikomotoriksiklus I (73,13%) siklus II (82,77%). Sedangkanketerampilan guru dalammengajarsiklus I (74,21%), siklus II (87,89%). Simpulanpadapenelitianinimenunjukkanbahwapenerapan model Discovery Learningmenggunakan media bendakonkritdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaranahkognitifpadapembelajaranMatematikamateribangundatarsederhanakelas

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Masturi,M.M.
Kata Kunci: Discovery Learning, Media Benda Konkrit, MatematikaBangunDatar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 09 Sep 2015 05:47
Last Modified: 09 Sep 2015 05:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4663

Actions (login required)

View Item View Item