PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MATERI SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT MELALUI MODEL INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN TALUN 02 KECAMATAN KAYEN KABUPATEN PATI

FITRIANASARI, - (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MATERI SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT MELALUI MODEL INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN TALUN 02 KECAMATAN KAYEN KABUPATEN PATI. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (583kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (173kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (252kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (149kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (111kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (197kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Index Card Match dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi sistem pemerintahan pusat kelas IV SDN Talun 02. Model pembelajaran Index Card Match merupakan model pembelajaran yang dapat memupuk kerjasama siswa dan melatih pola pikir siswa. Siswa dilatih kecepatan berpikirnya dalam mempelajari suatu konsep atau topik melalui pencarian kartu jawaban atau kartu soal, setiap siswa pasti mendapat pasangan kartu yang cocok lalu mendiskusikan hasil pencarian pasangan kartu yang sudah dicocokkan oleh siswa bersama pasangannya dan siswa lainnya. Hipotesis yang penelitian merupakan penerapan model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan keterampilan guru dan aktivitas belajar siswa, serta penerapan model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn materi sistem pemerintahan pusat di kelas IV SDN Talun 02 Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Talun 02 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model index card match. Sedangkan variabel terikat meliputi hasil belajar PKn. Instrument penelitian ini meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I hasil belajar ranah kognitif rata-rata dari kedua muatan ketuntasan klasikal 65% (sedang) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 72,5 pada siklus I dan meningkat pada siklus II sebesar 95% (sangat tinggi) dengan nilai rata-rata sebesar 82,6. Hasil belajar ranah sikap siswa pada siklus I sebesar 68,2 (baik), meningkat pada siklus II sebesar 85,9 (sangat baik). Hasil belajar ranah psikomotorik siswa sebesar 59,35 (baik) dan meningkat pada siklus II sebesar 81,82 (sangat baik). Keterampilan guru siklus I sebesar 56,6 (baik) dan meningkat pada siklus II sebesar 90 (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan modelIndex Card Match dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran serta menemukan peningkatan hasil belajar siswa PKn materi sistem pemerintahan pusatdi kelas IV SDN Talun 02. Adapun saran yang

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs.Mohammad Kanzunnudin,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar PKn, Sistem Pemerintahan Pusat, Index Card Match
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 09 Sep 2015 06:27
Last Modified: 09 Sep 2015 06:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4669

Actions (login required)

View Item View Item