ISSATU ZAHRO, SITI (2015) Penerapan Model Index Card Match Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Permasalahan Sosial Siswa Kelas Iv Sdn Bermi 02 Tahun 2014/2015. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL_sampe_DAFTAR_ISI.pdf - Accepted Version Download (389kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (172kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (141kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Index Card Match dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi permasalahan sosial pada siswa kelas IV SDN Bermi 02 Kecamatan Gembong Kabupaten Pati. Hasil belajar yaitu perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif dan psikomotorik sebagai hasil dari kegiatan belajar. Di sekolah hasil belajar ini dapat di lihat dari penguasaan siswa akan mata-mata pelajaran yang ditempuhnya. Model Index Card Match adalah model pembelajaran aktif dan menyenangkan yang cara kerjanya mencari pasangan kartu jawaban, yang dapat menuntun siswa untuk bekerjasama dalam mencari pasangan kartu. Model ini menyenangkan dan menantang siswa untuk menemukan jawaban dengan tujuan agar siswa dapat memahami materi yang telah disampaikan oleh guru. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Bermi 02 Gembong Pati dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini model Index Card Match dan variabel terikat penelitian ini hasil belajar. Instrumen penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar kognitif siswa yang cukup signifikan antara siklus I (7,53%) dan siklus II (84,25%), didukung dengan peningkatan hasil belajar afektif siswa siklus I 69,75% (cukup), menjadi 80,5% (sangat baik) siklus II. Dan juga hasil belajar psikomotorik siswa mengalami peningkatan antara siklus I 63,96% (cukup), menjadi 75,29% (baik) siklus II. Pengelolaan pembelajaran modelIndex Card Match juga mengalami peningkatan pada siklus I 74,75% (baik) menjadi 84,75% (sangat baik). Hal itu membuktikan bahwa penerapan model Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N 02 Bermi Gembong Pati. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN Bermi 02 Gembong Pati dapat disimpulkan bahwa penerapan model Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bermi 02 Gembong Pati. Saran dalam penelitian hendaknya siswa bisa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran IPS dan model pembelajaran Index Card Match dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Murtono, M.Pd |
Kata Kunci: | : Hasil Belajar, Index Card Match |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 10 Sep 2015 01:32 |
Last Modified: | 10 Sep 2015 01:32 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4673 |
Actions (login required)
View Item |