Peningkatan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Melalui Model Numbered Head Together Pada Siswa Kelas Iv Sd N 5 Rahtawu Kabupaten Kudus

ROCHMAN, ARIEF (2015) Peningkatan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Melalui Model Numbered Head Together Pada Siswa Kelas Iv Sd N 5 Rahtawu Kabupaten Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (650kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (197kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (255kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (343kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (214kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (36kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (37kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Proses pembelajaran yang monoton dan konvensioanal dengan menggunakan metode ceramah serta dalam mengajar tidak didukung oleh model pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa, menyebabkan pembelajaran dikelas menjadi membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya pada siswa kelas IV Semester II SDN 5 Rahtawu Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus tahun Ajaran 2014/2015. Kegunaan teoritis penelitian ini yaitu dapat menambah pemahaman terhadap penerapan model Numbered Head Together dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya, sedangkan kegunaan praktisnya yaitu bagi siswa, sekolah, dan peneliti. Hasil belajar PKn merupakan perubahan perilaku yang terjadi setelah mengikuti proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan dan hasil yang dicapai siswa yang mengakibatkan perubahan dalam kemampuan kognitif, kemampuan afektif, dan kemampuan psikomotorik. Numbered Head Together merupakan model yang dapat mendorong siswa untuk bersemangat dan aktif dalam pembelajaran, serta mampu meningkatkan kerjasama siswa dalam berinteraksi dan menciptakan ide-ide dalam memecahkan suatu masalah. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dikelas IV SDN 5 Rahtawu Kudus dengan subjek penelitian adalah 16 siswa kelas IV. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Numbered Head Together. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar PKn. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan belajar klasikal pada materi globalisasi yang cukup signifikan antara kondisi awal (50%), siklus I (56%), dan siklus II (81,25%). Peningkatan hasil belajar juga didukung dengan peningkatan pengelolaan pembelajaran, aktivitas belajar siswa dan aktivitas belajar kelompok siswa. Pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan model Numbered Head Together mengalami peningkatan dari skor rata-rata siklus I 80,92% (Sangat baik), menjadi 92,76% (Sangat baik) pada siklus II. Aktivitas belajar siswa aspek afektif mengalami peningkatan skor rata-rata siklus I 73,70 (baik) menjadi 78,8% (baik) pada siklus II. Sedangkan skor rata-rata aktivitas belajar siswa aspek psikomotorik siklus I 74,92% (baik) menjadi 80,23% (Sangat baik) pada siklus II. Selanjutnya, skor rata-rata aktivitas kelompok siswa mengalami peningkatan skor rata-rata siklus I 80,78 (Sangat baik) menjadi 94,12% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 5 Rahtawu. Untuk itu disarankan beberapa hal bagi guru, agar (1) guru dapat menerapkan model Numbered Head Together sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang optimal, (2) guru menggunakan media-media yang menarik, agar siswa lebih termotivasi mengikuti pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs.Moh.Kanzunnudin,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar PKn, Globalisasi dan Numbered Head Together
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 10 Sep 2015 01:46
Last Modified: 10 Sep 2015 01:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4675

Actions (login required)

View Item View Item