Studi Kasus Penerapan Model Konseling Trait and Factor dalam Membantu Mengatasi Siswa Lamban Belajar di Kelas 111 MI NU Thoriqotussa’diyah Colo Tahun Pelajaran 2011/2012

Zumaroh, Siti (2012) Studi Kasus Penerapan Model Konseling Trait and Factor dalam Membantu Mengatasi Siswa Lamban Belajar di Kelas 111 MI NU Thoriqotussa’diyah Colo Tahun Pelajaran 2011/2012. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (767kB)
[thumbnail of Bab I] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab II] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab VI] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (22kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_dokumentasi,_pedoman_wawancara,_pedoman_observasi.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Presentasi Ujian] Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian)
PP_SKRIPSIKU.pptx - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy

Abstrak

Manusia belajar sejak dari buaian sampai akhir hayatnya atau biasa disebut belajar seumur hidup (life long education). Peristiwa belajar bisa terjadi dimana saja, dirumah, disekolah atau ditempat lain. Proses belajar tidak selalu lancar dan berhasil, banyak masalah atau hambatan yang dijumpai. Masalah-masalah belajar tersebut bisa diakibatkan karena faktor internal atau eksternal. Bentuk dari masalah-masalah tersebut sangat beragam dan kompleks seperti learning disfunction, under achiever, slow learner, dan sebagainya. Slow learner atau siswa lamban belajar adalah siswa yang kurang mampu menguasai pengetahuan dalam batas waktu yang telah ditentukan karena ada faktor tertentu yang mempengaruhinya. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: adakah pengaruh yang positif penerapan model konseling trait and factor dalam membantu mengatasi siswa lamban belajar di kelas III MI NU Thoriqotussa’diyah Colo tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui faktor-faktor penyebab siswa menjadi lamban belajar di kelas III MI NU TS. 2. Untuk mengetahui pengaruh penerapan konseling TF dalam membantu mengatasi siswa lamban belajar dikelas III MI NU TS. Kegunaan teoritisnya adalah Untuk memberikan sumbangan bertambahnya wawasan bagi para konselor, guru kelas, atau pihak yang terkait tentang peranan model konseling TF dalam membantu mengatasi siswa lamban belajar dan guna memperluas serta memperdalam pengetahuan dan sekaligus sebagai acuan guna penelitian yang lebih luas. Kegunaan praktis adalah 1. Kepala sekolah : Dapat digunakan untuk menentukan kebijakan dalam pelaksanaan BK disekolah. 2. Guru Pembimbing : Dapat digunakan sebagai acuan untuk lebih mengembangkan kegiatan BK di sekolah. 3. Siswa: permasalahanya dapat terentaskan dan dapat mengembangkan diri secara lebih baik. Ruang lingkup penelitian ini adalah Konseling TF dan siswa lamban belajar. Subjek penelitian ada 3 (tiga) siswa yaitu AM, NFJ, dan NH. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. Berdasarkan hasil pembahasan dapat ditarik simpulan bahwa faktor penyebab lamban belajar dan pengaruh penerapan Pendekatan Konseling TF dari ketiga konseli yaitu : 1. Konseli AM : faktor penyebabnya adalah kesulitan membaca dan menulis, motivasi belajar rendah, dan kurangnya perhatian dari orang tua. Tingkah laku yang akan diubah adalah tidak mau belajar dan menghabiskan waktunya untuk bermain menjadi mau belajar dengan sungguh-sungguh terutama belajar membaca dan menulis. Pengaruh pendekatan konseling TF dalam penelitian ini dapat dilihat dari hasil akhir konseling yaitu konseli mau berusaha untuk belajar lebih giat baik dirumah maupun disekolah. 2. Konseli NFJ : faktor penyebabnya adalah kesulitan membaca, menulis, dan berhitung, sarana dan prasarana belajar yang kurang memadai, dan kurangnya perhatian dari keluarga. Tingkah laku klien yang akan diubah adalah sikap dan kebiasaan belajar yang tidak sungguh-sungguh, menjadi sikap/kebiasaan belajar yang sungguh-sungguh. Pengaruh pendekatan Konseling TF tersebut dapat kita lihat dari hasil akhir konseling yaitu konseli dapat mengubah sikap dan kebiasaanya dalam belajar dari yang tidak sungguh-sungguh menjadi sungguh-sungguh. 3. Konseli NH : faktor penyebabnya adalah kesulitan belajar membaca dan menulis, rendahnya minat dan motivasi belajar, serta perlakuan manja dari orang tua yang berlebihan. Kebiasaan klien yang akan diubah adalah kebiasaanya membolos dan bergantung kepada orang lain menjadi rajin sekolah dan lebih mandiri. Pengaruh pendekatan Konseling TF tersebut dapat dilihat dari hasil akhir konseling yaitu konseli dapat mengubah kebiasaanya membolos dan bergantung pada orang lain menjadi lebih rajin kesekolah mandiri. Berdasarkan penemuan penelitian, saran yang diajukan : 1. Kepala Sekolah : Mengadakan dan melaksanakan kegiatan BK di MI sesuai dengan panduan yang ada. 2. Wali Kelas dan Guru Mata Pelajaran : Selalu memperhatikan perkembangan siswa khususnya mereka yang mengalami masalah belajar serta memberikan perhatian dan pendampingan khusus pada siswa tersebut. 3. Orang Tua : Hendaknya senantiasa memberikan perhatian, kasih sayang, dan motivasi kaitanya dengan pendidikan anak serta melakukan kontrol disesuaikan dengan kebutuhan anak. 5. Siswa : Diharapkan mampu mengikuti dan mengerjakan tugas belajarnya secara tepat waktu dengan hasil yang optimal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Dra. Sumarwiyah, M.Pd, (II) Drs. Sabar Rutoto, M.Pd
Kata Kunci: Konseling Trait and factor, Siswa Lamban Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Nov 2012 04:05
Last Modified: 06 Nov 2012 04:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/468

Actions (login required)

View Item View Item