Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Jaring-Jaring Kubus Dan Balok Melalui Model Numbered Head Together Pada Siswa Kelas Iv Sd N 5 Puyoh

INDAH DAMAYANTI, ROZA (2015) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Jaring-Jaring Kubus Dan Balok Melalui Model Numbered Head Together Pada Siswa Kelas Iv Sd N 5 Puyoh. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (765kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (255kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (319kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (500kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (152kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (152kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (238kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dan keterampilan mengajar guru melalui penerapan model Numbered Head Together kelas IV SD 5 Puyoh. Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together yaitu pembelajaran dimana siswa melakukan kegiatan diskusi yang di dalamnya terdapat empat tahapan yaitu: penomoran, mengajukan pertanyaan, berpikir bersama dan menjawab. Langkah awal, guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok dan memberikan nomor kepada setiap siswa untuk dipakai di kepala. Guru mengajukan pertanyaan dengan memberikan lembar kerja siswa untuk didiskusikan setiap kelompok. Siswa berkelompok untuk menyatukan gagasan-gagasan mereka. Setelah selesai berdiskusi, guru memanggil salah satu nomor dan memintanya untuk mempresentasikan hasil diskusinya. Guru memanggil nomor yang sama dari kelompok lain untuk mempresentasikan. Guru meminta siswa untuk menanggapi jika terdapat perbedaan pendapat. Hipotesis tindakan yaitu terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa dan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran. Penelitian dirancang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dalam dua siklus. Subyek penelitian siswa kelas IV SD 5 Puyoh berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, lembar observasi, soal tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dianggap berhasil jika hasil belajar kognitif siswa pada materi jaring-jaring kubus dan balok mencapai ≥70 dengan persentase ketuntasan klasikal ≥75%, hasil belajar ranah afektif dan psikomotorik mencapai kategori minimal baik (> 75%) dan keterampilan mengajar guru meningkat mencapai kategori minimal baik (> 75%). Hasil penelitian ranah kognitif, kondisi awal ketuntasan hasil belajar siswa (47% /kurang), siklus I (59%/cukup), dan siklus II (82%/baik). Hasil belajar siswa ranah afektif siklus I (61%/cukup), siklus II (88%/sangat baik). Hasil belajar siswa ranah psikomotorik siklus I (63%/cukup) siklus II (87%/sangat baik). Sedangkan keterampilan guru dalam mengajar siklus I (61%/cukup), siklus II (85%/sangat baik). Simpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif pada pembelajaran Matematika materi jaring-jaring kubus dan balok kelas IV SD 5 Puyoh, hasil belajar siswa ranah afektif, hasil belajar siswa ranah psikomotorik dan keterampilan guru. Saran yang diberikan yaitu siswa hendaknya lebih aktif dalam kegiatan diskusi. Guru diharpkan dapat menjadikan model Numbered Head Together sebagai referensi dalam melakukan pembelajaran. Kepala sekolah hendaknya memfasilitasi guru dalam mengembangkan model pembelajaran. Peneliti selanjutnya diharapkan lebih maksimal dalam melakukan perencanaan maupun pelaksanaan penelitian.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Masturi, M.M
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Numbered Head Together, Jaring-Jaring Kubus dan Balok
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 10 Sep 2015 02:10
Last Modified: 10 Sep 2015 02:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4680

Actions (login required)

View Item View Item