Peningkatan Hasil Belajar Subtema Perjuangan Para Pahlawan Muatan Ips Dan Matematika Melaluipenerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples

RAHMAWATI, KUMALA (2015) Peningkatan Hasil Belajar Subtema Perjuangan Para Pahlawan Muatan Ips Dan Matematika Melaluipenerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal.JUDUL)
Download (544kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (211kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (586kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (604kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (731kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (58kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (116kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (163kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Lampiran) - Accepted Version
Download (12MB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

seen from cycle 1 was obtained a total score of 472,2, with an average of 3,16 mode, and get a good rating. In the second cycle increase Rahmawati, Kumala. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Subtema Perjuangan Para Pahlawan Muatan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Drs. Sucipto, M.Pd., Kons, (ii) Sumaji, S.Pd., M. Pd. Kata Kunci:Keterampilan Mengajar Peneliti dan Hasil Belajar, Model pembelajaran Examples Non Examples. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Examples Non Exampleskelas IV SD 4 Getassrabi Gebog Kudus. Hasil belajar adalah perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah mengalami ativitas belajar yang dilihat dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Model pembelajaran Examples Non Examples adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan gambar yang relevan dengan kompetensi dasar sebagai media atau alat peraga untuk mempermudah guru dalam menjelaskan materi pembelajaran. Langkah-langkah model pembelajaran Examples Non Examples adalah: (1) guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran,(2) guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan lewat OHP, (3) guru membentuk kelompok-kelompok yang masing-masing terdiri dari 2-3 siswa, (4) guru memberikan petunjuk dan memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk memperhatikan atau menganalisis gambar, (5) mencatat hasil diskusi dari analisis gambar pada kertas, (6) memberi kesempatan bagi tiap kelompok untuk membacakan hasil diskusinya, (7) berdasarkan komentar atau hasil diskusi siswa, guru menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai, dan (8) penutup. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek kelas IV SD 4 Getassrabi yang dilaksanakan pada bulan Februari 2015. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan 3 rencana pelaksanaan pembelajaran pada siklus 1 dan 2 rencana pelaksanaan pembelajaran pada siklus 2. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara, soal evaluasi, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatifdan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengajar peneliti dan hasil belajar meningkat setiap siklusnya. Peningkatan keterampilan mengajar peneliti dapat dilihat dari siklus 1 diperoleh skor rata-rata 60, persentase 70,58% dengan kategori penilaian baik dan siklus 2 meningkat menjadi skor rata-rata 77,5, persentase 91,17% dengan kategori penilaian sangat baik. Peningkatan hasil belajar (aspek pengetahuan) subtema perjuangan para pahlawan dapat dilihat dari pra siklus, pada muatan IPS memperoleh jumlah skor 45,80 dengan rata-rata 2,41, sedangkan pada muatan Matematika memperoleh jumlah skor 41,40 dengan rata-rata 2,18. Pada siklus 1 muatan IPS memperolehjumlah skor49,88 dengan rata-rata 2,63, sedangkan pada muatan Matematika memperoleh jumlah skor56,92 dengan rata-rata 3,00. Pada siklus 2 muatan IPS memperolehjumlah skor57,16 dengan rata-rata 3,01, sedangkan pada muatan Matematika memperolehjumlah skor sebesar 59,60 dengan rata-rata 3,14. Peningkatan hasil belajar siswa (aspek sikap) dapat dilihat dari siklus 1 diperoleh jumlah skor472,2, dengan rata-rata modus 3,16, dan mendapatkan predikat baik. Pada siklus 2 meningkat menjadi 500, dengan rata-rata modus 3,52, dan mendapatkanpredikat baik. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa (aspek keterampilan) dapat dilihat dari siklus 1 diperoleh jumlah skor540, dengan rata-rata modus 3,52, dan mendapatkan predikat baik. Pada siklus 2 meningkat menjadi 579,5, dengan rata-rata modus 4,00, dan mendapatkanpredikat sangat baik. Simpulan pada penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran Examples Non Examplesdapat meningkatkan keterampilan mengajar peneliti, dan hasil belajar siswa (aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan). Saran dalam penelitian hendaknya siswa bisa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran dan model pembelajaran Examples Non Examplesdapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Sucipto , M>Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: learning model Keywords:Teaching Skills of Researcher and Learning Outcomes, ExamplesNon
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 10 Sep 2015 03:00
Last Modified: 10 Sep 2015 03:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4689

Actions (login required)

View Item View Item