Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Sd 06 Bulungcangkring Jekulo Kudus

PUSPONINGRUM, NOVI AYU (2015) Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Sd 06 Bulungcangkring Jekulo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal.judul)
Download (730kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (254kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (394kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (BAB 3) - Accepted Version
Download (366kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (260kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (154kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Submitted Version
Download (234kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Lampiran) - Accepted Version
Download (4MB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, meningkatkan keterampilan guru, dan meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV melalui penerapan model pembelajaran Example Non Example. Hasil belajar adalah perubahan perilaku yang mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik yang diperoleh siswa setelah mengalami proses belajar mengajar. Example Non Example adalah model pembelajaran kooperatif yang menggunakan gambar sebagai media atau alat peraga untuk mempermudah dalam penyampaian materi. Kajian materinya yaitu perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terbagi menjadi dua siklus dan disetiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini yaitu peneliti sebagai guru dan siswa kelas IV SD 06 Bulungcangkring yang berjumlah 23 siswa terdiri dari laki-laki 12 siswa dan perempuan 11 siswa. Teknik Pengumpulan data menggunakan obsevasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil nilai prasiklus awal penelitian terhadap pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD 06 Bulungcangkring Jekulo Kudus diperoleh 39,13%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa, keterampilan guru dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Example Non Example. Rata-rata aktivitas siswa siklus I mencapai 64,06 % kriteria cukup (C), pada siklus II meningkat sebesar 81,27% kriteria baik (B). Pengamatan siswa ranah afektif dan psikomotorik juga mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata mencapai 63,86% kriteria cukup (C), meningkat pada siklus II sebesar 80,34% kriteria baik (B). Keterampilan guru juga mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata keterampilan guru 72,15% dengan kriteria baik (B), meningkat pada siklus II mencapai 86,93% dengan kriteria sangat baik (SB). Rata-rata hasil belajar IPS meningkat. Pada prasiklus nilai rata-rata hasil belajar siswa 62,39 dengan ketuntasan klasikal 39,13% dengan kriteria cukup (C). Kemudian mengalami peningkatan pada siklus I dengan rata-rata 66,30 dengan ketuntasan klasikal 65,21% dengan kriteria baik (B) dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 77,60 dengan ketuntasan klasikal 86,95% dengan kriteria sangat baik (SB). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Example Non Example dikatakan berhasil dan dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru dan terutama hasil belajar IPS siswa kelas IV SD 06 Bulungcangkring Jekulo Kudus.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: PEMBIMBING : Dr.Sri Utaminingsih,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, IPS, Pembelajaran, Example Non Example
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 10 Sep 2015 03:37
Last Modified: 10 Sep 2015 03:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4695

Actions (login required)

View Item View Item