Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Pada Siswa Kelas Iv Sd 5 Ngembalrejo Kudus

LESTARI , ANI (2015) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Pada Siswa Kelas Iv Sd 5 Ngembalrejo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (192kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (277kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (420kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (204kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (107kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (171kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (18MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini yakni (1) mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together untuk meningkatkan keterampilan guru pada pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi kelas IV SD 5 Ngembalrejo, (2) mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi kelas IV SD 5 Ngembalrejo. Model pembelajaran Numbered Heads Together merupakan varian dari diskusi kelompok. IPS merupakan mata pelajaran yang diberikan di sekolah dasar yang terintegrasi dari cabang ilmu sosial, dan materi yang akan diteliti yakni perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi yang dipelajari meliputi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi pada zaman tradisional dan zaman modern. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang meliputi empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Keempat tahapan tersebut membentuk sebuah siklus dan penelitian berlangsung dalam dua siklus, yakni siklus 1 dan 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan data kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif dan kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru dalam mengajar pada siklus 1 ke siklus 2 meningkat dari rata-rata 71,16% (baik) menjadi 88,47% (sangat baik). Peningkatan hasil belajar siswa ranah kognitif dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus 1 ke siklus 2 dari rata-rata 70 menjadi 78,17 dan ketuntasan belajar siswa 69,23% menjadi 88,46%. Peningkatan hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus 1 ke siklus 2 meningkat dari rata-rata 63,95% (cukup) menjadi 84,27% (baik). Peningkatan hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus 1 ke siklus 2 meningkat dari rata-rata 61,86% (cukup) menjadi 84,13% (baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SD 5 Ngembalrejo dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi pada siswa kelas IV SD 5 Ngembalrejo. Untuk itu disarankan dalam menerapakan model Numbered Heads Together, siswa hendaknya dapat menghargai pendapat, perbedaan, dan tidak saling meremehkan kemampuan siswa lain.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Moh. Kanzunnudin,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: : Numbered Heads Together, Hasil Belajar IPS, Perkembangan Teknologi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 10 Sep 2015 03:43
Last Modified: 10 Sep 2015 03:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4697

Actions (login required)

View Item View Item