MENGATASI SIKAP PROKRASTINASI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT PADA SISWA KELAS XI IIS2 SMA N 1 MAYONG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

FATASHINA FARUQ, MUHAMMAD (2015) MENGATASI SIKAP PROKRASTINASI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT PADA SISWA KELAS XI IIS2 SMA N 1 MAYONG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Update Test thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
PDF (Hal.Judul)
PRA_BAB.pdf - Accepted Version

Download (959kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (758kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DARTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (181kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: 1. Mendeskripsikan keterampilan peneliti melaksanakan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk mengatasi sikap prokrastinasi, 2. Diperolehnya pengentasan sikap prokrastinasi siswa sebelum dan setelah bimbingan kelompok dengan teknik self management pada siklus I dan II. Prokrastinasi merupakan suatu perilaku tidak efisien yang selalu menunda-nunda dalam mengerjakan tugas bidang akademik. Untuk mengatasi perilaku penundaan pengerjaan tugas atau prokrastinasi peneliti menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management. Layanan bimbingan kelompok merupakan proses pemberian informasi dan bantuan pada sekelompok orang dengan memanfaatkan dinamika kelompok guna mencapai suatu tujuan tertentu. Diharapkan melalui bimbingan kelompok ini siswa dapat mengembangkan pribadi khususnya untuk mengatasi sikap prokrastinasi. Hipotesis tindakan dalam penelitian diantaranya: 1. Keterampilan peneliti dalam melaksanakan bimbingan kelompok dengan teknik self management dapat mengatasi sikap prokrastinasi siswa, 2. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management pada siklus I dan siklus II mampu mengatasi sikap prokrastinasi siswa. Penelitian ini menggunakan PTBK. Subjek yang diteliti dalam penelitian ada 8 siswa kelas XI IIS2 SMA N 1 Mayong tahun pelajaran 2014/2015 yang memiliki sikap prokrastinasi. Variabel penelitian ini adalah: bimbingan kelompok dengan teknik self management (variabel bebas) dan sikap prokrastinasi (variabel terikat). Metode pengumpulan data melalui metode observasi sebagai metode pokok, metode wawancara dan metode dokumentasi sebagai metode pendukung. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan melaui 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 kali pertemuan membahas 6 materi dengan alokasi waktu 45 menit. Berdasarkan hasil penelitian sikap prokrastinasi siswa pada pra siklus diperoleh jumlah skor 121 rata-rata 30,25% kategori sangat kurang (SK), siklus I diperoleh jumlah skor 584 rata-rata 48,66% kategori kurang (K), dan pada siklus II diperoleh jumlah skor 850 rata-rata 70,83% kategori baik (B). Jadi dari pra siklus, siklus I sampai siklus II diperoleh hasil 30,25% kategori sangat kurang (SK) menjadi 70,83% kategori baik (B), sehingga ada peningkatan sebesar 31,82%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mulai dari pra siklus mendapatkan jumlah skor 121 rata-rata 30,25% kategori sangat kurang (SK), siklus I diperoleh jumlah skor 584 rata-rata 48,66% kategori kurang (K), dan pada siklus II diperoleh jumlah skor 850 rata-rata 70,83% kategori baik (B). Hipotesis yang menyatakan “Penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management dapat mengatasi sikap prokrastinasi siswa kelas XI IIS2 SMA N 1 Mayong Tahun Pelajaran 2014/2015”, dapat diterima karena telah memenuhi indikator keberhasilan. Saran diberikan kepada 1.Kepala Sekolah: diharapkan kepala sekolah sebagai koordinator seluruh kegiatan pelaksanaan pendidikan disarankan agar selalu memberi dukungan yang berupa kebijakan kepada konselor dalam hal pemberian layanan bimbingan dan konseling, 2. Guru Pembimbing: hendaknya pemberian layanan disesuaikan dengan permasalahan yang ditemui pada siswa dan sebaiknya guru pembimbing menggunakan metode dan teknik yang lebih bervariasi pada saat melakukan bimbingan kelompok maupun konseling kelompok, 3. Bagi Siswa: disarankan untuk mau terbuka kepada guru pembimbing tentang masalah yang ditemui. 4. Bagi orang tua: diharapkan dapat ikut berperan dengan memberikan motivasi terhadap anak agar anak tidak memiliki sikap prokrastinasi sehingga akan meningkatkan kegiatan belajarnya dengan baik dan berprestasi. 5. Bagi peneliti selanjutnya: diharapkan lebih aktif dan kritis dalam mengatasi masalah prokrastinasi siswa, peneliti selanjutnya sebaiknya menggunakan teknik-teknik dalam bimbingan dan konseling yang lebih inovatif untuk mengatsi sikap prokrastinasi siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing :Drs.H.Sucipto,M.Pd.,Kons
Kata Kunci: Sikap Prokrastinasi. Layanan Bimbingan Kelompok. Teknik Self Management.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 10 Sep 2015 05:00
Last Modified: 10 Sep 2015 05:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4711

Actions (login required)

View Item View Item