Enhancing The Ability Of Writing Narrative Text Of The Eleventh Grade Students Of Ma Riyadlotut Thalabah Sedan Rembang In The Academic Year 2014/2015 By Using Kamishibai

Nikmah, Ulin (2015) Enhancing The Ability Of Writing Narrative Text Of The Eleventh Grade Students Of Ma Riyadlotut Thalabah Sedan Rembang In The Academic Year 2014/2015 By Using Kamishibai. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (742kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (329kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (302kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (529kB) | Request a copy
[img] PDF (Ban 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (670kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (295kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (224kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (223kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran ) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Terdapat dua elemen dasar dasar pembelajaran bahasa Inggris, yaitu kemampuan berbahasa dan komponen berbahasa. Kemampuan berbahasa terdiri dari mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis, dan tiga komponen bahasa Inggris itu sendiri yaitu kosa kata, tata bahasa, dan pengucapan kata. Salah satu kemampuan berbahasa yang penting untuk dipelajari dan dikuasai oleh siswa khususnya siswa SMA adalah menulis. Berdasarkan kurikulum 2006, setiap siswa SMA diharapkan mampu menulis teks, salah satunya adalah menulis teks naratif. Tetapi, faktanya menunjukkan bahwa banyak siswa kelas sebelas MA Riyadlotut Thalabah Sedan Rembang masih kesulitan untuk menyampaikan dan mengembangkan ide-ide mereka dalam bentuk tulisan. Oleh karena itu, penulis mengusulkan Kamishibai sebagai media pengajaran untuk memecahkan masalah siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi Kamishibai dalam meningkatkan kemampuan menulis teks naratif siswa kelas sebelas MA Riyadlotut Thalabah Sedan Rembang tahun pelajaran 2014/2015. Penulis berharap Kamishibai dapat membantu siswa untuk menyampaikan dan mengembangkan ide mereka dalam bentuk tulisan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kamishibai. Penelitian ini dilakukan di MA Riyadlotut Thaalabah Sedan Rembang, sedangakan subjek penelitian ini adalah kelas Sebelas IPA 1 (XI IPA 1) MA Riyadlotut Thalabah Sedan Rembang yang berjumlah 40 siswa. Sebelum mengimplementasikan siklus penelitian, penulis mendapatkan data dari guru. Data menunjukkan bahwa nilai rata-ratanya 60. Hal tersebut berarti bahwa prestasi siswa dikategorikan cukup. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Selain itu, penulis menggunakan dua instrumen di penellitian ini, yaitu lembar observasi dan tes tertulis. Lembar observsi digunakan untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses belajar mengajar, sedangkan tes tertulis digunakan untuk mengukur kemampuan menulis siswa. Berdaasarkan hasil penelitian ini, nilai rata-rata siswa meningkat dari 68,02 di sklus I kemudian diubah ke dalam bentuk persensentase menjadi 68,02% ke 79 di siklus II kemudian diubah dalam bentuk persentase menjadi 79%. Dari data di atas, kategori nilai rata-rata kemampuaan menulis teks naratif siswa di siklus I adalah cukup, sedangkan nilai rata-rata kemampuan menulis teks naratif siswa di siklus II adalah bagus. Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa Kamishibai dapat meningkatkan kemampuan menulis teks naratif siswa kelas sebelas MA Riyadlotut Thalabah Sedan tahun pelajaran 2014/2015. Dari fakta di atas, penulis memberikan saran kepada guru untuk menggunakan Kamishibai untuk memecahkan masalah siswa. Sehingga, siswa dapat menggunakan Kamishibai sebagai media pembelajaran mereka dalam menyampaikan dan mengembangkan ide-ide mereka.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. A. Hilal Madjdi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kamishibai, kemampuan menulis, teks narrative, penelitian tindakan kelas.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 10 Sep 2015 05:02
Last Modified: 10 Sep 2015 05:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4712

Actions (login required)

View Item View Item